Internet Archive Tambahkan 2.500 Gim Berbasis DOS

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 17 Okt 2019, 13:30 WIB
Internet Archive Tambahkan 2500 Gim Berbasis DOS

Liputan6.com, Jakarta - Internet Archive pada pekan ini menambahkan sekitar 2500 gim berbasis DOS. Disebutkan bahwa layanan pengarsip tersebut sebelumnya telah mengarsipkan sekitar 2400 gim berbasis DOS, sepeti Gods dan Tongue of the Fatman, sejak 2015.

Dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (17/10/2019), penambahan basis data ini menjadi salah satu pembaruan terbesar.

Beberapa judul gim yang termasuk ke pembaruan ini termasuk The Lost Vikings, Silicon & Synapse, Loom, dan The Elder Scrolls Adventures: Redguard.

Pembaruan gim berbasis MS-DOS ini berasal dari proyek bertajuk eXoDOS. Beberapa gim, terutama gim yang pada masa itu didasarkan pada CD-ROM, mungkin perlu waktu agak lama untuk dimuat di peramban, jika koneksi internet pengguna lambat.

2 of 2

Tenaga Komputasi

"Menyimpan gim-gim ini ke Internet Archive, dari waktu ke waktu, telah membawa fokus yang tajam pada masalah-masalah khusus dengan emulasi berbasis browser. Misalnya, [...] masalah program membutuhkan tenaga komputasi lebih banyak untuk berjalan di emulator berbasis peramban daripada yang bisa ditangani oleh sistem pengguna," kata Jason Scott dikutip dari blog resmi Internet Archive.

"Ini semua langkah signifikan dari pemerolehan dan konfigurasi, yang mewakili pekerjaan tersulit oleh proyek eXoDOS, dan saya menyadari bahwa ini merupakan upaya keras yang memakan waktu lama," ujar Jason.

Hasilnya, kata Jason, proyek eXoDOS secara akumulatif memiliki lebih dari 7.000 judul gim.

(Why/Isk) 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by