Di Negara Ini Kirim Email setelah Jam Kerja Bisa Kena Sanksi

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Okt 2019, 12:00 WIB

Diperbarui 17 Okt 2019, 12:31 WIB

Kerja Lembur

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mengirim pesan atau email ke kolega setelah jam kerja? Jika iya, kamu patut waspada, pasalnya seorang wanita dilaporkan ke HRD kantor dengan alasan ia mengirimkan email ke teman kantornya setelah jam kerja selesai.

Kasus ini terjadi di Prancis, yang menganggap bahwa mengirim email ke karyawan setelah jam kerja dan pada saat akhir pekan adalah hal ilegal.

Alasan berkirim pesan dan email di luar jam kerja ilegal karena Prancis mendukung hidup seimbang antara kerja dan kehidupan pribadi.

Dalam hal ini, orang membutuhkan istirahat dari pekerjaan dan berkonsentrasi pada keluarga, teman-teman, dan hobi, tanpa terbebani harus membalas email dari rekan kerja atau atasan.

Sayangnya, Sharon Wu, seorang mantan aktris Singapura berusia 44 tahun yang kini telah bekerja di Paris, Prancis sepertinya tidak mendapatkan memo di atas.

Ia bercerita dalam wawancara dengan sebuah stasiun radio tentang pengalamannya itu.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (17/10/2019), salah satu pengalamannya adalah dia pernah dilaporkan ke HRD perusahaan karena mengirimkan sejumlah email ke teman-teman kerjanya setelah jam kerja selesai.

2 of 2

Kena Tegur 2 Kali

Kerja Lembur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ia pun sempat ditegur dua kali gara-gara hal ini. Menurut Wu, pada teguran pertama, HRD memberi peringatan baik-baik untuk tidak berkomunikasi dalam rangka pekerjaan setelah jam kantor selesai.

Wu kemudian menyebut, saat teguran kedua, tim HRD bukannya marah, tetapi justru menyarankan agar Wu memiliki hobi lain di luar pekerjaan, untuk memenuhi hidup seimbang, selain pekerjaan kantor.

"Mereka bahkan memberikan tiket nonton, sehingga saya bisa memiliki kegiatan di luar pekerjaan," katanya.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓