Astronaut Pertama Malaysia Bersumpah Bumi Itu Bulat

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 14 Okt 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2019, 17:16 WIB
Astronaut Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Telah banyak upaya dilakukan untuk membuat pengikut komunitas Bumi datar percaya bahwa Bumi tidaklah datar, melainkan bulat.

Saking banyaknya orang yang percaya dengan paham Bumi itu datar, astronaut pertama Malaysia Datuk Dr Sheikh Muszaphar Shukor Sheikh Mustapha bahkan mendapatkan ribuan pesan di media sosialnya dari penganut komunitas Bumi datar.

Para penganut komunitas Bumi datar tersebut menuliskan permintaan kepada sang astronaut mengenai bentuk Bumi. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Malay Mail, Senin (14/10/2019).

Terlepas dari itu, sejumlah pengguna media sosial bahkan meminta kepada Dr Sheikh Muszaphar untuk bersumpah atas nama Tuhan, agar memberikan jawaban yang benar.

Para anggota komunitas Bumi datar itu bahkan mengancam sang astronaut, kalau Dr Sheikh Muszaphar berbohong, ia bakal dihukum Tuhan.

Sebelumnya pada dua hari lalu, Dr Sheikh Muszaphar mengunggah gambar screenshot percakapannya dengan seorang pengguna media sosial.

Pengguna media sosial ini menunggu agar sang astronaut bersumpah atas nama Tuhan bahwa dirinya tidak memberikan jawaban bohong.

2 of 3

Bersumpah atas Nama Tuhan

Bukti bumi bulat (10)
Ada beberapa cara sederhana untuk membuktikan bahwa bumi tidak datar. (Sumber Popular Science)

Dr Sheikh Muszaphar tampaknya cukup kesal dengan pesan-pesan senada dari warganet.

Ia pun menulis keterangan terperinci di unggahan tersebut untuk menghilangkan prasangka orang-orang yang percaya bahwa Bumi itu datar.

"Saya mendapatkan ribuan pesan DM di akun media sosial saya, bertanya mengenai bentuk Bumi. Sejumlah orang bahkan meminta saya untuk bersumpah atas nama Tuhan," tulis Dr Sheikh Muszaphar.

Dr Sheikh Muszaphar menambahkan, dirinya tidak sembarangan mengucap sumpah dengan namma Tuhan, termasuk dalam menjelaskan ke komunitas Bumi datar, terkait dengan pengalamannya sebagai astronaut.

"Oleh karena itu, saya bersumpah atas nama Tuhan bahwa Bumi bulat, sebagaimana yang saya lihat dengan mata sendiri dari angkasa," ucapnya.

Pria 47 tahun ini menambahkan, "Tak peduli seberapa pun usaha saya menyelaskan kepada komunitas Bumi datar tentang pengalaman di angkasa, tidak bisa meyakinkan mereka," tuturnya.

3 of 3

Unggah Foto, Buktikan Bumi Tidak Datar

Dr Sheikh Muszaphar juga menyebut, ia sering mengunggah foto yang dia ambil dari angkasa ke media sosialnya untuk membuktikan bentuk Bumi adalah bulat.

"Lebih sulit meyakinkan atau berdebat dengan orang yang tidak teredukasi ketimbang orang pintar, sebab mereka tidak tahu dasar pengetahuan," kata Dr Sheikh Muszaphar.

Awal tahun ini, Dr Sheikh Muszaphar juga berdebat dengan public figure penyanyi nasyid Suhaimi Saad.

Saat itu, sang penyanyi menantang Dr Sheikh Muszaphar untuk mengunggah di media sosial, bahwa Bumi tidaklah datar.

 
 
 
View this post on Instagram

Pic - To all flat Earthers out there ... I get thousands of DM’s on my Social Media asking me about the shape of the Earth and some even have the guts asking me to swear in the name of Allah . I thought I have made it clear on my previous postings showing pics I took from Space and my statements . And no matter how much I explain to them , I can never convince them ... They are always sticking to their non-factual based evidence which I find appalling . On this Barakah Friday I’d like to make a point to these groups as what I have seen and known . “ Dengan nama Allah saya bersumpah bahawa Bumi berbentuk sfera seperi mana dilihat oleh saya di Angkasa “ I hope that clears the air ... Salam Jumaat Everyone . Love As Always . PS - “ It’s harder to convince or debate with the uneducated compared to the intellectuals because they don’t understand the basic of knowledge “

A post shared by Dr Sheikh Muszaphar Shukor (@drsheikhmuszaphar) on

Astronaut ini pun menjawab, "Saya mengelilingi Bumi 16 kali sehari dan bentuknya seperti geosfer, sangat yakin, kecil di kutub dan menggelembung di ekuator. Bukan seperti bola, lebih seperti telur."

(Tin/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓