Twitch, Mixer dan Epic Store Tumbang Gara-Gara Epic Games Matikan Fortnite

Oleh Yuslianson pada 14 Okt 2019, 15:30 WIB
Fortnite

Liputan6.com, Jakarta - Beragam event yang muncul di gim Fortnite memang selalu populer, tetapi event bertajuk The End yang digelar hari ini mendapatkan respons luar biasa.

Bagaimana tidak, event pada jam yang ditentukan dini hari Waktu Indonesia Barat tadi disaksikan lebih dari 5,8 juta orang di YouTube dan Twitch.

Namun, tingginya jumlah gamer yang menyaksikan event tersebut secara langsung berimbas pada terganggunya layanan Twitch dan Mixer.

Gangguan terhadap dua layanan streaming terbesar di dunia tersebut sudah terjadi saat The End dimulai, diikuti oleh Epic Games Store (EGS) tumbang selama hampir satu jam.

Melihat kejadian itu, banyak gamer berkelakar tumbangnya kedua layanan streaming itu merupakan strategi pemasaran Epic Games.

Nyatanya, tumbangnya EGS menghadapi masalah sekitar satu setengah jam setelah event The End di Fortnite mulai. Demikian dikutip dari keterangan resmi Epic Games, Senin (14/10/2019).

Gamers yang penasaran dan membuka laman EGS, bakal dihadapkan pada pesan error. Satu-satunya cara bagi pengguna dapat mengakses gim mereka adalah melalui offline mode.

Sejak itu, Epic Games telah memperbaiki masalah dan toko digital milik perusahaan pun sudah dapat diakses kembali.

2 of 3

Twitch dan Mixer Juga Alami Gangguan

Epic Games matikan sementara gim Fortnite. (Doc: Epic Games)

Pengguna Twitch dan Mixer di Reddit juga melaporkan, mereka hanya mendapati jendela hitam ketika memuat laman web saat streaming. Avatar, spanduk, dan konten dinamis lainnya juga sempat tidak bisa dimuat.

Kedua layanan sempat mengalami masalah selama sekitar setengah jam selama event The End di Fortnite.

Semua layanan kini sudah berjalan seperti biasa sekarang karena masalahnya telah diatasi.

3 of 3

Kasus Unik

Gim Fortnite di Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, kemungkinan platform besar (seperti Twitch, Mix, atau Epic Games Store) mengalami gangguan secara bersamaan sangat jarang.

Kenapa? Karena platform ini pastinya sudah pernah atau sering kali mengalami lonjakan besar traffic setiap harinya. Ini berarti memperlihatkan betapa besar dan populernya musim terbaru gimbattle royal tersebut.

Adapun Fortnite saat ini sudah tersedia di Nintendo Switch, PC, PS4, Xbox One, dan perangkat seluler.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓