Sukses

Google Siap Larang Aplikasi Pinjaman Online Berbahaya di Play Store

Aplikasi-aplikasi itu akan dikategorikan sebagai "restricted content" atau konten terlarang.

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya siap mengambil sikap untuk melarang aplikasi pinjaman online pribadi di toko aplikasi Play Store. Aplikasi-aplikasi itu akan dikategorikan sebagai "restricted content" atau konten terlarang.

"Kami tidak mengizinkan aplikasi yang mengekspos pengguna terhadap produk dan layanan keuangan yang menipu atau berbahaya," kata Google di halaman Play Store.

Terkait aplikasi pinjaman online pribadi, Google mendefinisikan pinjaman pribadi sebagai "meminjamkan uang dari satu individu, organisasi, atau entitas kepada konsumen individu secara tidak berulang, bukan untuk tujuan pembiayaan pembelian aset tetap atau pendidikan."

Konsumen aplikasi pinjaman online pribadi, menurut Google, "memerlukan informasi tentang kualitas, fitur, biaya, risiko, dan manfaat dari produk pinjaman untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apakah akan melakukan pinjaman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Peraturan Setempat

Suatu aplikasi, jika memuat atau mempromosikan produk dan layanan keuangan, "harus mematuhi peraturan setempat untuk wilayah atau negara mana pun yang menjadi target aplikasi."

"Misalnya, itu termasuk pengungkapan secara spesifik apa saja yang disyaratkan oleh hukum setempat," tutur Google.

Lebih lanjut, Google menyebut tidak mengizinkan aplikasi yang "mempromosikan pinjaman pribadi yang membutuhkan pembayaran penuh dalam 60 hari atau kurang dari tanggal pinjaman dikeluarkan", yang Google sebut sebagai "pinjaman pribadi jangka pendek".

Kebijakan ini, kata Google, "berlaku untuk aplikasi yang menawarkan pinjaman secara langsung, lead generator, serta aplikasi yang menghubungkan konsumen dengan pemberi pinjaman pihak ketiga.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.