Trump Buka Akun Twitch untuk Kampanye Pilpres 2020

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 11 Okt 2019, 13:30 WIB
Donald Trump

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial sejak beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu medium untuk kampanye politik.

Terkini, Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuka akun Twitch sebagai medium video streaming untuk keperluan kampanye pilpres 2020.

Langkah Trump mirip dengan rivalnya, Bernie Sanders, dan anggota parlemen Alexandria Ocasio-Cortez, yang telah lebih dulu bergabung di Twitch pada awal tahun ini.

Misalnya, kerumunan massa pro Trump di Minneapolis, Minnesota belum lama ini muncul di kanalnya, yang beralamat di www.twitch.tv/donaldtrump.

Video kerumunan itu telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7.000 pengikut pada hari Jumat (11/10/2019). Dengan sekitar 15 juta pengguna, Twitch merupakan situs permainan, tetapi layanan ini memiliki kanal olahraga, musik, dan politik.

Adapun di jejaring sosial berbasis mikroblog Twitter, Trump telah menjadi pengguna aktif dengan lebih dari 65 juta pengikut.

2 of 3

Duolingo dan Twitch Bikin Video Streaming Pembelajaran Bahasa

Layanan pembelajaran bahasa Duolingo dan video streaming Twitch menjalin kemitraan bertajuk Duolingo Verified Streamer Program.

Bagi Twitch, ini merupakan hal baru, mengingat streamer di Twitch biasanya melakukan siaran langsung ketika bermain gim.

Melaui program ini, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (27/7/2019), sejumlah streamers akan menggunakan kanal mereka untuk mengajarkan bahasa-bahasa yang mereka kuasai.

Jika dibandingkan dengan metode lainnya yang bersifat statis, seperti rekaman video, buku atau rekaman audio, siaran langsung ini dinilai lebih menjanjikan.

Selama sesi belajar berlangsung, pengguna akan dapat berinteraksi dengan streamer yang berperan sebagai guru. Oleh sebab itu, pengguna akan mendapatkan umpan balik dan bantuan.

3 of 3

Bahasa yang Diajarkan

Setiap streamer akan ditempatkan di kanal utama Duolingo di Twitch dan juga subkanal bahasa.

Bahasa-bahasa yang diajarkan di dalam program ini mencakup bahasa Inggris, Prancis, Arab, Cina dan Spanyol. Namun, ke depannya cakupan bahasa akan diperluas.

Saat ini baru ada 12 streamers yang akan berpartisipasi di program ini, tetapi angka ini juga akan bertambah seiring program ini berlangsung.

Beberapa nama di antaranya adalah Kairi, Kitty, TaikiGG, CJayride dan Toastie202.

(Why/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓