Sukses

Begini Cara Instagram Basmi Hacker yang Ambil Alih Akun Pengguna

Daftar e-mail resmi Instagram ini bisa menjadi alternatif jika pengguna mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Instagram kerap mengeluhkan akun mereka telah diretas dan diambil alih oleh pihak lain.

Hal ini bisa terjadi dalam beberapa cara. Salah satunya adalah melalui metode phishing lewat e-mail.

Rupanya, korban mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram, mengirimkan tautan berisi kesempatan mendapat hadiah.

Karena korban merasa tergoda, mereka mengklik tautan tersebut dan diam-diam login detail milik pengguna dikuasai oleh peretas.

Padahal jika bicara perusahaan teknologi, tidak ada satu pun perusahaan yang akan memberikan informasi giveaway melalui e-mail.

Nah, kini Instagram telah menghadirkan cara untuk mengatasi masalah phishing tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Email Resmi Instagram

Mengutip laman Ubergizmo, Rabu (9/10/2019), sebagai bagian dari fitur keamanan Instagram, mereka akan mengirim alamat e-mail resmi dari Instagram.

Artinya, jika pengguna mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram, pengguna bisa mengecek daftar e-mail di atas untuk memastikan itu benar-benar dari Instagram.

Daftar e-mail resmi Instagram ini bisa menjadi alternatif jika pengguna mendapatkan e-mail dari pihak yang mengaku sebagai Instagram.

Di samping itu, ada juga cara lain yang memungkinkan pengguna memastikan akun Instagram mereka aman.

Caranya menggunakan password yang lebih rumit dan mengaktifkan two-factor authentication.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.