Will.i.am ke Microsoft: Desain Surface Earbuds Hasil Jiplakan

Oleh Andina Librianty pada 05 Okt 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Okt 2019, 16:16 WIB
Perbandingan Buttons dan Surface Earbuds

Liputan6.com, Jakarta - Rapper Will.i.am menuding Microsoft telah mencuri desain untuk Surface Earbuds. Ia mengklaim pernah memperlihatkan desain bernama Buttons, serupa dengan Surface Earbuds kepada Microsoft empat tahun lalu.

"Ini menyakitkan, startup Afrika-Amerika yang mulai berjuang untuk menginspirasi anak-anak dengan teknologi melihat sebuah raksasa mencuri individualitas dan diferensiasi kami. #GetYOURownSTYLE #cultureTHEFT. @Microsoft ingat ketika saya memperlihatkan #BUTTONS kepada kalian empat tahun lalu?," tulis Will.i.am di Twitter, seperti dikutip dari Softpedia, Sabtu (5/10/2019).

Twit tersebut juga dilengkapi dengan foto perbandingan antara Buttons dan Surface Earbuds.

Desain Surface Earbuds sendiri sangat minimalis. Jika dilihat dari luar, aksesoris tersebut hanya terlihat seperti sebuah tombol sederhana, tanpa ada hiasan.

Surface Earbuds besutan Microsoft merupakan pesaing AirPods, yang bisa terhubung dengan perangkat Bluetooth apa pun, dan bahkan bisa bekerja dengan iPhone dan asisten digital Siri.

Namun Surface Earbuds memiliki fungsi ekslusif di Android, seperti dukungan untuk gesture, termasuk ketukan tiga kali yang dapat memulai pemutaran musik Spotify.

Surface Earbuds diumumkan beberapa hari lalu, dan penjualannya direncanakan pada akhir bulan ini.

2 dari 2 halaman

Microsoft Belum Merespons

Pihak Microsoft sejauh ini belum memberikan respons atas kritik Will.i.am tersebut. Bahkan dilaporkan ada kemungkinan raksasa piranti lunak tersebut tidak memberikan klarifikasi.

Sementara itu, banyak orang tampak memberikan dukungan kepada klaim Will.i.am. Namun, ada beberapa yang menilai musisi tersebut hanya mencoba mendapatkan hak cipta atas bentuk umum yakni desain melingkar pada kedua produk tersebut.

Dari sisi luar, kedua aksesoris tersebut memang memiliki desain melingkar yang mirip. Namun, Buttons yang dirilis Will.i.am memiliki kabel, sedangkan Surface Earbuds hadir dalam versi wireless.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓