WhatsApp Uji Coba Fungsi Hapus Pesan Otomatis

Oleh Agustinus Mario Damar pada 02 Okt 2019, 09:30 WIB
WhatsApp

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur anyar untuk aplikasinya. Informasi ini diketahui dari temuan WABetaInfo dalam versi WhatsApp 2.19.275 untuk perangkat Android.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (2/10/2019), fitur anyar ini memungkinkan pengguna menghapus pesan secara otomatis. Jadi, pengguna dapat menyetel durasi sebuah pesan dapat dilihat dan langsung menghapusnya secara otomatis.

Untuk diketahui, fitur ini sebenarnya sudah ada di beberapa aplikasi chatting lain, seperti Telegram dan BBM. Namun, WhatsApp kemungkinan besar memang baru akan mengadopsinya.

Kendati demikian, fitur yang bernama Disappearing Message ini tidak berlaku untuk semua percakapan. Berdasarkan laporan, fitur ini masih terbatas digunakan dalam group chat.

Oleh sebab itu, saat fitur ini diaktifkan, seluruh pesan yang dikirim seseorang dalam group chat dan diatur durasinya akan langsung terhapus begitu masa waktunya habis.

Untuk itu, fitur ini belum mendukung pesan perseorangan. Kendati demikian, tidak tertutup kemungkinan WhatsApp akan membawa fitur ini untuk opsi mengirim pesan perseorangan.

Adapun opsi durasi waktu sebuah pesan dapat terlihat yang ditawarkan aplikasi milik Facebook ini adalah lima detik dan satu jam.

Sayang, hingga sekarang WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur ini akan digulirkan untuk para pengguna. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari perusahaan.

2 of 3

Daftar Smartphone Android dan iOS yang Ditinggal WhatsApp Tahun Depan

WhatsApp
WhatsApp. telegraph.co.uk

Terlepas dari uji coba ini, WhatsApp memutuskan untuk tidak mengaktifkan aplikasinya lagi di beberapa smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS versi lama.

Mengutip laman tanya jawab resmi milik WhatsApp, Selasa (1/10/2019), aplikasi milik Facebook ini akan dinonaktifkan pada smartphone tertentu per 20 Februari 2020.

Berikut sistem operasi Android dan iOS yang tidak akan dapat menggunakan WhatsApp pada tanggal tersebut:

Smartphone dengan Android versi 2.3.7 atau Gingerbread beserta versi yang lebih lama.

- Perangkat dengan iOS 8 beserta versi yang lebih lama.

Untuk sekarang, iOS 8 masih dapat menggunakan WhatsApp. Namun ketika mengunduh ulang aplikasi ini, pengguna tidak akan dapat melakukan verifikasi akun.

3 of 3

Windows Phone

Ilustrasi Whatsapp
Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Tidak hanya Android dan iOS, smartphone dengan sistem operasi Windows Phone juga tidak akan dapat menggunakan layanan WhatsApp per 31 Desember 2019

Hal ini berkaitan dengan banyaknya fitur-fitur baru di WhatsApp yang membutuhkan RAM lebih kuat dan sistem operasi mumpuni.

Matinya layanan WhatsApp di beberapa sistem operasi ini juga dikarenakan pihak WhatsApp yang memang sudah tidak mengembangkan aplikasinya untuk sistem operasi tersebut. 

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓