Viral, Truecaller Ungkap Indentitas Grup WhatsApp Diduga Anak STM

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Okt 2019, 15:35 WIB
Diperbarui 02 Okt 2019, 22:15 WIB
Truecaller

Liputan6.com, Jakarta - Linimasa media sosial mendadak diramaikan dengan unggahan foto dan video yang memperlihatkan obrolan grup WhatsApp yang diduga milik anak STM terkait dengan unjuk rasa, Senin (30/9/2019).

Dalam grup WhatsApp yang diduga beranggotakan anak-anak STM, terbaca, bahwa sejumlah anggotanya terlibat dalam aksi unjuk rasa dan hendak meminta kepastian mengenai uang bayaran karena telah mengikuti aksi berujung ricuh di Ibu Kota.

Sejumlah nomor telepon terpampang dalam grup WhatsApp itu. Foto dan video tentang grup WhatsApp pun beredar dan viral dicuitkan oleh pengguna media sosial.

Belakangan, aplikasi identitas panggilan Truecaller dan GetApp Contact berhasil mengungkap keaslian grup WhatsApp yang diduga beranggotakan anak-anak STM tersebut.

Hal ini pun turut jadi viral di media sosial Twitter, beberapa saat setelah unjuk rasa.

Pasalnya, ketika dicoba menghubungi sejumlah nomor yang tidak disensor dalam grup WhatsApp anak STM itu, TrueCaller justru mengungkap pemilik nomor telepon-nomor telepon dalam grup memiliki jabatan kepolisian.

2 of 4

Diungkap Warganet

Truecaller
Dok: truecaller.com

Salah satunya adalah pengguna Twitter dengan akun @abheemanyun yang mengungkap, karena sangat penasaran ia mencoba menghubungi salah satu nomor dalam grup WhatsApp bernama G30s STM ALLBSE tersebut.

Rupanya salah satu nomor dikenali oleh aplikasi Truecaller sebagai "Bripda Raski Prov Mabes."

Membalas cuitan tersebut, pengguna lain menyebutkan, saat dirinya mencoba menghubungi nomor lain, Truecaller mengidentifikasi nomor sebagai milik Briptu Renaldo.

3 of 4

Aplikasi Truecaller Ungkap Pemilik Asli Nomor Telepon

Truecaller
Aplikasi Truecaller mengungkap pemilik nomor telepon di grup WhatsApp STM (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tekno Liputan6.com juga mencoba menghubungi beberapa nomor yang ada di dalam grup WhatsApp diduga milik anak STM tersebut.

Hasilnya pun serupa, nomor-nomor tersebut dikenali sebagai milik orang-orang yang memiliki jabatan seperti Briptu Renaldo, Bripda Eggy Septiadi, hingga milik James Xander.

Aplikasi Truecaller mengungkap pemilik nomor telepon di grup WhatsApp STM (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Namun demikian, nomor-nomor telepon tersebut sebagian sudah tidak aktif.

4 of 4

Tentang Truecaller

Aplikasi bernama Truecaller: Caller ID & Dialer yang tersedia di Android, iOS, dan aplikasi berbasis web. Aplikasi ini mengklaim memiliki miliaran data base nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Selain mengenali panggilan masuk, pengguna Truecaller juga bisa mencari tahu panggilan yang tidak terjawab dan melakukan langkah seperti memblokir mereka.

Caranya unduh dan install aplikasi Truecaller: Caller ID & Dialer di smartphone kamu. Caranya, buka Truecaller dan login, kemudian kamu akan melihat ada empat tab utama: Calls, Search, Block, dan Contacts.

Pilih Search dan setelah itu kamu bisa melacak nomor telepon berdasarkan nomor atau nama.

Truecaller merupakan perusahaan asal Swedia dengan pengguna lebih dari 85 juta di seluruh dunia.

Apa banyak layanan serupa, tapi Truecaller merupakan salah satu yang paling dapat dipercaya dan memberikan informasi benar berdasarkan identitas asli, serta mampu menampilkan nama penelepon.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by