Sukses

Bug di Touch ID iOS 13 Bikin Aplikasi Perbankan Tak Bisa Login

Bug di fitur Touch ID pada iOS 13 ditengarai membuat proses dialog autentikasi pada sejumlah aplikasi iPhone termasuk di aplikasi banking tak bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Bug di fitur Touch ID pada iOS 13 ditengarai membuat proses dialog autentikasi pada sejumlah aplikasi iPhone termasuk di aplikasi banking tak bisa dilakukan.

Hal ini sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah pengguna yang sudah memperbarui perangkatnya ke iOS 13.

Para pengguna mengaku tidak bisa login ke sejumlah aplikasi perbankan atau aplikasi lain yang memerlukan autentikasi, lewat Touch ID.

Bagaimana cara memperbaikinya?

Cara untuk mengakali masalah ini cukup sederhana. Mengutip laman 9to5Mac, Selasa (1/10/2019), bila aplikasi perbankan tersebut menawarkan metode otentikasi lainnya, misalnya Face ID, pengguna bisa login dengan Face ID, jika Touch ID tak bisa dipakai.

Kemungkinan, bug ini ada di iOS 13.0 hingga iOS 13.1.1. Di mana, aplikasi pihak ketiga menggunakan sistem frame work untuk menampilkan layar otentikasi biometrik.

Aplikasi yang meminta Touch ID saat login, antara lain adalah aplikasi perbankan.

Bug yang sama juga mempengaruhi aplikasi kata sandi seperti 1Password hingga aplikasi yang menawarkan login security sebagai fitur dalam pengaturan, misalnya aplikasi klien Apollo Reddit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prompt Dialog Tak Terlihat

Masalah umumnya adalah, dialog peringatan pada TouchID yang tidak bisa telihat. Sehingga pengguna saat itu tak bisa melakukan apapun karena tidak ada yang ditampilkan di layar.

Sebenarnya, prompt dialog Touch ID pengguna ada di sana, namun tidak terlihat. Jika aplikasi perbankan memiliki layar untuk menunggu pengguna masuk dengan Touch ID, peringatan tersebut tidak ditampilkan.

Namun, pengguna bisa tetap meletakkan jari mereka di tombol Home untuk mengotorisasi sidik jari pengguna dan membiarkan masuk ke aplikasi perbankan.

Solusi lain yang bisa dilakukan adalah mengguncang perangkat. Pasalnya, gerakan kemungkinan bisa membuat prompt dialog terlihat kembali.

3 dari 3 halaman

Dirasakan Pengguna iPhone SE sampai iPhone 8 Plus

Bug aneh ini kemungkinan akan segera diperbaiki oleh Apple. Namun, pada dasarnya API tidak menampilkan prompt dialog dengan benar di bagian atas aplikasi.

Menurut laporan, masalah hilangnya prompt dialog ini hanya terjadi pada fitur Touch ID dan tidak mempengaruhi FaceID.

Dengan begitu, kemungkinan masalah ini hanya dialami oleh pemilik iPhone SE, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus.

Sementara, iPhone versi lebih lawas, dengan Touch ID tidak bisa di-update ke iOS 13.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini