Konsol PlayStation 5 Akan Punya Fitur Rahasia, Apa Itu?

Oleh Yuslianson pada 01 Okt 2019, 12:30 WIB
Foto PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony diprediksi akan mengumumkan konsol gim terbarunya, PlayStation 5 (PS5), pada 2020.

Walau masih cukup lama, berbagai bocoran informasi tentang konsol penerus PS4 inipun marak beredar di internet.

Selain informasi bentuk bodi konsol dan kapan diluncurkan, kita sudah mengetahui kemampuan hardware di PS5.

Tak hanya memiliki hardware yang lebih tangguh ketimbang konsol PS4 saat ini, Sony diyakini akan memperkenalkan fitur menarik--dan tidak terduga--untuk PS5.

Dikutip dari dokumentasi yang diajukan Sony via BGR, Selasa (1/9/2019), perusahaan mengajukan paten untuk asisten virtual berbasis AI untuk konsol gim baru Sony.

Untuk sementara, fitur asisten virtual di PS5 itu disebut sebagai PlayStation Assist.

 

2 of 3

Fungsi PlayStation Assist

Gambar paten fitur unik di PS5. (Doc: Sony / TechTastic)

Lebih lanjut, PlayStation Assist ini akan membantu pengguna saat mereka sedang memainkan berbagai judul gim yang berbeda.

Saat digunakan, PlayStation Asisten akan memberikan informasi tentang tujuan permainan serta barang yang harus dibeli pemain.

Beberapa gambar menunjukkan bagaimana gamer Elder Scrolls mendapatkan informasi tentang senjata apa yang cocok digunakan untuk melawan musuh.

Tak hanya itu, gamer juga akan mendapatkan informasi tentang misi, lokasi, lawan, dan puzzle di dalam gim, dilansir TechTastic, Selasa (1/10/2019).

Dijelaskan, PlayStation Assist akan terhubung langsung ke server Sony untuk mendapatkan informasi, dan menampilkan solusi di layar.

 

3 of 3

Dukung Perangkat Smartphone dan Tablet

Gambar paten fitur unik di PS5 yang terhubung ke perangkat mobile. (Doc: Sony / TechTastic)

Yang lebih menarik, aplikasi PlayStation Assist juga dapat digunakan di perangkat mobile--smartphone atau tablet.

Berbekal smartphone atau tablet, gamer akan mendapatkan informasi gim, seperti sudah berapa lama kamu main, konten di dalam gim, dan masih banyak lagi.

Seperti lainnya, paten yang didaftarkan Sony tidak mengonfirmasi fitur yang akan diperkenalkan pada konsol PlayStation 5 mendatang.

Namun, itu tidak mengubah fakta Sony sedang meneliti teknologinya. Microsoft Xbox, sementara itu sudah mendukung Amazon Alexa dan Asisten Google.

Walau memang asisten pihak ketiga ini tidak akan memberikan jenis informasi game waktu nyata yang dijanjikan PlayStation Assist.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓