Sukses

Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Amankan WhatsApp Kamu

Sebagian besar pengguna WhatsApp di Indonesia sering dinilai kurang peduli dengan privasi mereka ketika berada di aplikasi obrolan tersebut, berikut 4 tips mengamankan akun WhatsApp Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar pengguna WhatsApp di Indonesia sering dinilai kurang peduli dengan privasi mereka ketika berada di aplikasi obrolan tersebut.

Untuk membantu pengguna menyadari privasi mereka di WhatsApp, pada 13-15 September 2019, Facebook membuka Facebook Cafe di Kawasan Melawai Terpadu Jakarta.

Para pengunjung bisa mengetahui berbagai informasi lebih dalam tentang cara mengendalikan privasi dan keamanan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Berikut adalah sejumlah hal penting tentang privasi WhatsApp yang dapat dilakukan pengguna.

1. Privasi Urusan Pribadi

Salah satu cara untuk mengartikan privasi dimulai dengan bertanya kepada dirinya masing-masing, apakah hal ini penting?

Pengguna menilai, privasi merupakan hal yang penting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pengguna Punya Hak Mengatur Privasi WhatsApp

Pengguna memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan privasi diri sendiri. Pengguna juga perlu belajar untuk memaksimalkan fitur-fitur privasi dan keamanan dalam aplikasi.

Pihak WhatsApp menyebut, mereka memaksimalkan privasi dan keamanan ketika kamu menggunakan platform ini, semudah mengetuk tombol setelan atau settings.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengatur privasi dengan mematikan Laporan Dibaca atau Read Receipts untuk mengetahui pengguna telah membaca pesannya.

3 dari 4 halaman

3. WhatsApp Amankan Pesan dengan Enkripsi

Keamanan percakapan di WhatsApp berada dalam genggaman pengguna. WhatsApp menghadirkan fitur enkripsi ujung ke ujung atau end-to-end encryption pada WhatsApp memastikan hanya pengguna dan penerima pesan yang sedang berkomunikasi dengan mereka yang dapat membaca pesan yang terkirim.

WhatsApp memastikan, tidak ada pihak lain, WhatsApp, yang dapat membacanya.

Menurut WhatsApp, untuk berkirim pesan kasih sayang kepada orang-orang terdekat melalui WhatsApp pesannya pun bersifat aman berkat enkripsi.

4 dari 4 halaman

4. Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi Dua Langkah atau Two-Step Verification merupakan fitur penambah keamanandalam akun milik pengguna.

WhatsApp menilai, fitur verifikasi dua langkah merupakan pertahanan terbaik agar akun mereka terhindar dariserangan para peretas.

Ketika pengguna berhasil mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan 6 digit PIN yang dibuat menggunakan fitur ini.

Untuk mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, pengguna hanyatinggal buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Aktifkan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini