Facebook Hilangkan Jumlah Likes Mulai Hari Ini

Oleh Yuslianson pada 27 Sep 2019, 10:03 WIB
Diperbarui 27 Sep 2019, 10:03 WIB
Ilustrasi Facebook
  • Awal bulan ini, Facebook dikabarkan bakal mulai melakukan uji coba menghilangkan penghitungan jumlah likes di dalam sebuah unggahan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terkini, perusahaan bentukan Mark Zuckerberg tersebut mulai menyembunyikan likes, reaction, dan views per hari ini, Jumat (27/9/2019).

Dengan begini, jumlah likes, reaction, dan views hanya bisa dilihat oleh pengunggah postingan.

Facebook rencananya bakal "mematikan" jumlah likes, reaction, dan views ini dimulai dari pengguna di Australia.

"Kami sedang menjalankan tes terbatas yang mana, likes, reaction, dan jumlah tayangan video dibuat private di Facebook," kata juru bicara Facebook kepada Cnet, Jumat (27/9/2019).

Facebook menambahkan, perusahaan akan mengumpulkan semua feedback dari pengguna yang diuji coba untuk memahami apakah perubahan ini akan meningkatkan pengalaman pengguna media sosial tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Muncul di Koding

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Informasi ini pertama kali dibocorkan oleh seorang peneliti software, Jane Manchun Wong, yang menemukan kode penghilangan likes tersebut di aplikasi Facebook versi Android.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Selasa (3/9/2019) Manchun menyebutkan kode di aplikasi Facebook itu menyembunyikan jumlah likes dalam sebuah postingan dari semua orang, kecuali si pengunggah.

Sementara, pengguna lain hanya akan melihat beberapa emoji reaksi dan catatan unggahan tersebut disukai oleh satu orang teman dan pengguna lain, alih-alih jumlah likes-nya.

Pengujian ini cukup masuk akal. Pasalnya, awal tahun ini Instagram juga mulai menguji jumlah likes yang disembunyikan dengan cara sama dengan penghilangan likes Facebook.

 

3 dari 3 halaman

Instagram Hilangkan Hitungan Likes

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Sebelumnya, pada April 2019, Instagram diketahui tengah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes yang didapatkan sebuah unggahan. Kini, uji coba itu diketahui mulai diterapkan di beberapa negara.

Awalnya, fitur ini pertama kali diuji coba di Kanada. Namun dikutip dari Tech Crunch, Kamis (18/7/2019), uji coba ini hadir ke enam negara lain, yakni Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia baru.

Instagram sendiri mengaku masih terus melakukan uji coba fitur ini. Namun, belum dapat dipastikan kapan media sosial milik Facebook itu mulai menggulirkannya ke publik.

Dari desain yang beredar, nantinya sebuah unggahan tidak akan langsung menampilkan jumlah likes. Namun, Instagram akan menampilkan kata-kata unggahan itu di-liked oleh seseorang.

Lantas, apa yang menjadi alasan Instagram melakukan hal ini? Menurut Instagram, uji coba ini merupakan salah satu upaya Instagram agar followers lebih fokus pada unggahan, alih-alih melihat jumlah Likes-nya.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓