Sukses

Ini Alasan Kenapa Samsung Boyong NFC di Smartphone Kelas Menengah

Samsung merilis sejumlah perangkat kelas menengah yang sudah dibekali dengan fitur NFC, di antaranya adalah Galaxy A30s dan Galaxy A50s, kenapa?

 

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merilis sejumlah perangkat kelas menengah yang sudah dibekali dengan fitur NFC, di antaranya adalah Galaxy A30s dan Galaxy A50s yang dirilis beberapa hari lalu.

Padahal, satu dua tahun lalu, fitur NFC hanya dibenamkan pada smartphone kelas atas Samsung, Galaxy S series, Galaxy Note series, serta sejumlah Galaxy A series kelas atas seperti Galaxy A8 dan Galaxy A80 yang kebagian fitur ini.

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi pun mengungkap alasan perusahaan memboyong fitur ini ke perangkat kelas menengah. Kebutuhan pengguna di Indonesia akan NFC yang jadi alasan utamanya.

"NFC memang kebutuhan yang spesifik bagi pengguna Indonesia dan untuk menghadirkannya ke smartphone kelas menengah itu kami perjuangkan sekali," tutur Irfan Rinaldi di sela peluncuran Galaxy A30s di Jakarta, Kamis (26/9/2019).

"Sebelumnya, respon untuk Galaxy A30 cukup bagus, kemudian ada permintaan (NFC) dari konsumen entry dan kami perjuangkan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Hadir di Smartphone Kelas Bawah Masa Mendatang?

Samsung Galaxy A30s dan Galaxy A20s. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Irfan mengatakan, ke depannya bukan tidak mungkin perangkat entry level Samsung juga dibekali fitur NFC. Semuanya tergantung dari kebutuhan pengguna.

Pasalnya, tren menggunakan e-money untuk pembayaran sehari-sehari diperkirakan terus berkembang pada 2019 ini.

Untuk lini Galaxy A30s dan Galaxy A50s sendiri ada perbedaan dibandingkan dengan perangkat yang sama di regional lain.

"Ini line up dari regional, ada yang butuh NFC dan ada yang tidak butuh. Mungkin juga di negara lain ada yang (Galaxy A30s-nya) tidak pakai NFC," kata Irfan.

Samsung Indonesia, menurut Irfan, begitu memperjuangkan agar perangkat kelas menengah seperti Galaxy A30s dan Galaxy A50s mendapatkan fitur NFC. Samsung Indonesia mengajukan kehadiran NFC di Galaxy A30s hingga ke markas pusat dengan sejumlah riset pendukung.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini