Gojek Rilis Layanan Video On-demand GoPlay

Oleh Andina Librianty pada 26 Sep 2019, 15:08 WIB
Goplay

Liputan6.com, Jakarta - Gojek kian mengembangkan bisnisnya dengan merilis platform on-demand video, GoPlay. Perusahaan bekerja sama dengan para filmmaker Indonesia untuk menghadirkan film, serial, dan konten original eksklusif di GoPlay.

Co-founder Gojek, Kevin Aluwi, mengungkapkan kehadiran GoPlay merupakan cara baru perusahaan memberikan solusi untuk masalah yang ada di kehidupan masyarakat.

GoPlay diharapkan dapat membantu industri kreatif, terutama pembuat film untuk mendapatkan penonton yang lebih banyak dari platform digital di luar bioskop dan televisi.

"Film-film di Indonesia kualitasnya semakin baik setiap tahun, tapi masih kalah bersaing dengan film internasional karena sarana penayangannya juga masih kurang di Indonesia. GoPlay bisa menjadi solusi agar film-film Indonesia menjadi lebih mudah diakses, karena sineas kini bisa menyalurkan karyanya di platform Gojek," ungkap Kevin dalam acara peluncuran Gojek, Kamis (26/9/2019).

Tingginya penetrasi smartphone di Indonesia saat ini, kata Kevin, menjadi peluang bagi fimmaker nasional untuk menjangkau lebih banyak audiens. Ia meyakini, GoPlay akan menjembatani para sineas dan jutaan pengguna smartphone tersebut.

"Gojek telah diunduh lebih dari ratusan juta kali di Indonesia, dan memiliki pengguna loyal yang bisa diakses langsung oleh para filmmker," sambungnya.

 

2 of 3

Konten Original GoPlay

Acara peluncuran GoPlay di Jakarta, Kamis (26/9/2019). (Liputan6.com/ Andina Librianty)

GoPlay menyuguhkan berbagai konten original (Goplay Original) dan ekslusif melalui kerja sama dengan sejumlah Production House (PH). Konten GoPlay Original antara lain Filosofi Kopi The Series, Kata Bocah The Show, dan Haha Club.

GoPlay juga menghadirkan film-film sukses Tanah Air, termasuk Aruna dan Lidahnya, Kulari ke Pantai, Buffalo Boys, dan 27 Steps of May.

GoPlay juga tengah menyiapkan tiga seri baru yaitu Saiyo Sakato oleh Salman Aristo dan Gin S. Noer, Tunnel oleh Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, sert remake seri Gossip Girl oleh Nia Dinata. Semua konten oleh GoPlay Original hanya akan tersedia ekslusif di GoPlay.

CEO GoPlay, Edy Sulistyo, mengungkapkan pihaknya akan terus menambah jumlah konten di GoPlay. Sayangnya, ia enggan menyebutkan jumlah konten yang saat ini tersedia di platform tersebut.

"Kami memiliki banyak konten, dan juga bekerja sama dengan production house terkenal untuk konten-konten berkualitas. Kami bertujuan agar GoPlay bisa membantu mempromosikan film-film nasional," sambungnya.

Semua pengguna Gojek di Indonesia bisa mengunduh aplikasi GoPlay. GoPlay menyediakan dua paket berlangganan seharga Rp 89 ribu dan Rp 99 ribu per bulan. Untuk paket Rp 99 ribu, pengguna juga akan mendapatkan 60 voucher pengiriman GoFood senilai Rp 600 ribu.

 

3 of 3

Sambutan Sineas dan Bekraf

Logo baru Gojek (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Acara peluncuran GoPlay dihadiri oleh sejumlah sineas termasuk Mira Lesmana dan Nia Dinata. Mira menilai kehadiran berbagai platform digital, termasuk GoPlay berperan penting dalam perkembangan industri film, termasuk di Indonesia. Tak hanya dari tambahan jumlah penonton, tapi juga sisi pendapatan.

"Kami menyambut baik kehadiran digital platform, bukan hanya untuk berkarya, tapi juga pendapatan. Ini menjadi sumber pendapatan tambahan untuk monetisasi karya-karya kami," kata Mira.

Ditambahkan Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf,), Fadjar Hutomo, pihaknya menyambut baik kehadiran GoPlay karena memberikan cara baru bagi masyarakat untuk mengakses konten lokal berkualitas. Senada dengan Mira, GoPlay juga akan menjadi sumber pendapatan tambahan untuk para sienas.

"GoPlay membuat investasi perfilman semakin besar, dan sekaligus membuat ruang agar para sineas bisa mendapatkan pendapatan dari sumber lain," tuturnya.

(Din/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓