iOS 13 Resmi Meluncur

Oleh Andina Librianty pada 20 Sep 2019, 08:41 WIB
Diperbarui 30 Sep 2019, 10:16 WIB
iOS 13

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya merilis iOS 13 untuk para konsumennya. Pengguna Pengguna iPhone 6s ke atas sudah mendapatkan pembaruan ke software tersebut.

Dilansir Phone Arena, Jumat (20/9/2019), pengguna iDevice bisa mendapatkan pembaruanĀ ini dengan mengakses Settings, lalu pilih General, dan Software updates. Pengguna kemungkinan besar akan melihat iOS 13 sudah siap diundah dan dipasang.

Salah satu fitur baru yang dinanti melalui iOS 13 adalah Dark Mode pada seluruh sistem. Kehadiran fitur baru ini akan mengubah teks hitam biasa pada latar belakang putih menjadi sebaliknya.

Selain melindungi mata pada malam hari atau saat tidak ada cahaya, Dark Mode juga bisa menghemat daya tahan baterai pada ponsel dengan layar AMOLED.

Hal ini karena layar tersebut tersebut menampilkan warna hitam dengan mematikan piksel tertentu yang akan menghemat daya baterai.

Selain itu, keyboard virtual QWERTY kini juga bisa di-swipe, dan Face Time akan menggunakan Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI dapat membuat pengguna melihat ke layar ketimbang kamera, ketika sedang menggunakan Face Time.

2 of 3

Fitur Edit Foto Baru

iOS 13
Tampilan dark mode di iOS 13 (sumber: Apple)

Alat pengeditan Photo baru hadir di iOS 13, dan memungkinkan pengguna menyesuaikan foto dan video mereka untuk white balance, penajaman, dan noise reduction. Selain itu, pencahayaan dalam mode Portrait kini dapat disesuaikan.

Apple Maps kini juga lebih akurat, dan menampilkan lebih banyak detail pada iOS 13. Memoji pun juga akan lebih banyak. Akses aplikasi di iOS 13 juga lebih cepat daripada sebelumnya.

Pembaruan pertama dari OS tersebut, iOS 13.1, dijadwalkan rilis pada 24 September 2019. Jadwal tersebut enam hari lebih cepat daripada awalnya yang diprediksi pada 30 September 2019.

3 of 3

iPadOS

Sejumlah fitur iOS 13
Sejumlah fitur pada iOS 13 (Foto: CNET)

iPadOS akan meluncur di hari yang sama dengan pembaruan iOS 13 tersebut. OS tersebut akan meluncur sebagai iPadOS 13.1 pada 24 September 2019.

Pengguna akan dapat menambahkan lebih banyak aplikasi dan menyematkan widget di home screen. Selain itu, juga ada peningkatan untuk Slide Over yang akan membuat multitasking menjadi lebih baik.

Selain itu, pengguna dengan fitur Split View juga akan bisa membuka konten dari sebuah aplikasi menjadi dua bagian. Fitur terkait highlight teks juga akan lebih sederhana yaitu dengan gerakan tigaa jari, maka pengguna bisa melakukan cut dan paste.

iPadOS juga akan memiliki beberapa fitur yang ada pada iOS 13, termasuk Dark Mode, kemampuan pengeditan video, serta peningkatan pada aplikasi Photos.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by