Sebelum Hapus Akun Facebook, Kamu Wajib Lakukan 3 Langkah Ini

Oleh Liputan6.com pada 21 Sep 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Sep 2019, 04:13 WIB
Ilustrasi Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Facebook memang mempermudah koneksi dengan dunia luar, tetapi akan ada saatnya kita mau mengambil waktu sejenak untuk istirahat dari dunia media sosial yang penuh dengan hiruk pikuk.

Terkadang mungkin kamu terbesit ingin menghapus akun Facebook yang telah bertahun-tahun dibuat. Namun, sayang apabila foto-foto dan kenangan yang tersimpan di Facebook bisa terhapus begitu saja.

Maka dari itu, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum menghapus akun Facebook.

1. Unduh Data

Kalau sudah menggunakan Facebook bertahun-tahun, tentunya banyak foto atau video yang tersimpan dalam arsip Photos and Videos.

Jika tidak mau kehilangan data ini, kamu dapat mengunduh terlebih dahulu dengan masuk ke akun Facebook dan pilih menu setting, kemudian cari "Download a copy of your Facebook data".

 

2 dari 3 halaman

2. Hapus Foto dan Unggahan

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Agar tidak susah untuk menghapus foto satu persatu, kamu dapat memakai ekstensi Social Book Post Manager yang terdapat pada Google Chrome untuk menghapus semua foto dan unggahan di Facebook.

Sangat mudah, bukan?

 

3 dari 3 halaman

3. Hapus Facebook

Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Terakhir, setelah berhasil menghapus semua data-data yang pernah terunggah di Facebook, kamu dapat masuk ke menu setting dan "Delete my account".

Mencari opsi untuk menghapus akun Facebook dapat memakan waktu, tetapi kami menyediakan tautan yang dapat kamu akses (https://www.facebook.com/help/delete_account).

Facebook membutuhkan 90 hari untuk menghapus segala data yang ada di sebuah akun, tetapi akun sudah tidak dapat diakses ketika kamu menekan tombol "Delete my account".

(Keenan Pasha/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓