Pixel 4 Bakal meluncur 15 Oktober

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Sep 2019, 10:00 WIB
Pixel

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bocoran menyeluruh smartphone terbaru Google beredar di situs berita, Google akhirnya mengirimkan undangan peluncuran Google Pixel 4.

Mengutip Phone Arena, Selasa (17/9/2019), Google akan menyelenggarakan peluncuran smartphone barunya pada 15 Oktober 2019 di Kota New York.

Perusahaan teknologi Amerika Serikat itu akan mengumumkan Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL dalam acara konferensi pers. Selain Pixel 4 series, Google disebut-sebut bakal menghadirkan speaker Google Home/ Nest, sampai ke Pixelbook Chromebook generasi kedua.

Adapun undangan yang dikirimkan Google tidak menyebut apapun mengenai Google Pixel 4 series. Alih-alih menghadirkan teaser mengenai keunggulan kamera Pixel 4, Google hanya mengajak orang untuk “datang dan lihatlah sejumlah hal baru Made by Google.”

Namun, tentu hal tersebut sudah bukan rahasia, pasalnya raksasa internet ini selama berbulan-bulan lalu memang menyebut bakal merilis flagship smartphone tahun ini. Bahkan, Google juga sudah memamerkan sejumlah fitur pentingnya.

2 of 4

Kamera Google Pixel 4

Google Pixel
Tampilan dari smartphone anyar Google, Pixel 3A (sumber: Google)

Selain itu, Pixel 4 disebut-sebut akan mewarisi kamera 12MP milik Pixel 3. Namun demikian, kamera Pixel 4 akan menghasilkan foto yang lebih baik berkat peningkatan software yang diusungnya.

Tidak hanya itu, Pixel 4 juga disebut memiliki sensor kamera 16MP dengan sebuah lensa tele. Begitu dikombinasikan dengan software Super Res Zoom, lensa ini akan bisa menghasilkan foto hingga 8x zoom.

Masih dari segi kamera, Pixel 4 juga akan memiliki sensor Spektral. Sensor ini disebut-sebut mampu menangkap informasi yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Misalnya saja sinar X, ultraviolet, infrared, dan lain-lain.

Dari segi fotografi malam, Pixel 4 juga akan mampu mengidentifikasi kedalaman pixel, sehingga foto Night Sight jauh ditingkatkan dan hasilnya jadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

3 of 4

Tampilan Bodi Depan

Pixel 4
Penampakan Google Pixel 4 di akun YouTuber asal Vietnam. (Doc: ReLab/ Gizchina)

Kini, kebanyakan smartphone menghadirkan notch atau punch hole untuk tempat kamera depan. Google pun mengikuti trend pada Pixel 3 XL tahun lalu, sayang tidak mendapat sambutan baik dari publik.

Kini, Google menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk Pixel 4. Pixel 4 dan Pixel 4XL memiliki bezel atas yang agak tebal di atas layar, dipasangkan dengan bezel samping yang tipis dan dagu kecil.

Seperti yang telah dikonfirmasi, bezel tersebut akan menampung speaker in ear yang biasa, satu kamera selfie, sistem pengenalan wajah 3D mirip dengan Face ID, serta radar Project Soli yang memungkinkan mengenali berbagai gerakan.

4 of 4

Spesifikasi

Google Pixel 3A
Tampilan smartphone anyar dari Google, Pixel 3A (sumber: Google)

Google Pixel 4 dan Pixel 4XL akan hadir dengan spesifikasi gahar. Misalnya saja prosesor Snapdragon 855, RAM 6GB, dan memori internal 128GB.

Belum diketahui apakah Google Pixel 4 series ini akan hadir dengan peningkatan memori internal lewat kartu microSD atau tidak.

Google Pixel 4 juga akan mengusung Android 10 dan Google Assistant generasi berikutnya yang lebih pintar dan cepat.

Google Pixel 4 akan memiliki layer 5,6 inci jenis AMOLED dengan resolusi 2.280x1080 piksel. Sementara Google Pixel 4 XL akan memiliki layer AMOLED 6,2 inci dengan resolusi 2.960x1.440 piksel.

Bicara daya, Google Pixel 4 akan mengusung baterai berkapasitas 2.800mAh dan Google Pixel 4 XL mengusung baterai 3.700mAh. Keduanya didukung dengan pengisian daya cepat.

(Tin/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓