Sukses

Asteroid Berukuran Patung Liberty Bakal Lintasi Bumi Akhir Pekan Ini

Asteroid sebesar Patung Liberty akan melintas pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada Sabtu, 21 September 2019 pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah asteroid bakal meluncur melintasi Bumi dengan kecepatan 26.500mph. Asteroid tersebut akan melintas pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada Sabtu (21/9/2019) akhir pekan ini.

Pada saat itu, jarak antara asteroid tersebut dengan Bumi kurang dari beberapa juta mil.

Mengutip laman Express.co.uk, Selasa (17/9/2019), asteroid ini dinamai 2019 RB3 dan baru dideteksi keberadaannya sekitar satu setengah pekan lalu.

Karena jaraknya yang dekat dengan Bumi, asteroid ini diklasifikasikan sebagai objek dekat Bumi (NEO). Selain mendekati planet Bumi, asteroid 2019 RB3 juga berpotensi untuk menyeberangi orbit Bumi.

Sebagai asteroid yang tergolong dalam asteroid Apollo, sabuk asteroid di sekitar matahari di jalur orbit memungkinkannya tidak hanya mendekati Bumi, tetapi juga melintasi orbit bumi.

Pusat studi objek yang dekat dengan Bumi milik NASA (CNEOS) mengungkap, asteroid 2019 RB3 dipercaya berukuran 124 kaki dengan diameter mencapai 278 kaki. Berdasarkan estimasti tersebut, kemungkinan asteroid 2019 RB3 itu sebesar Patung Liberty, dengan tinggi 310 kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asteroid Apollo

Sejak terdeteksi pertama kali, asteroid 2019 RB3 terus diamati oleh NASA. Asteroid ini tergolong dalam klasifikasi Apollo, yakni asteroid yang memiliki lebar orbit antara Bumi dan Matahari.

Saat bergerak, asteroid tersebut secara teratur melintasi jalur Bumi karena mengorbit bintang angkasa. Asteroid ini memiliki zona orbit tetap di dalam orbit planet Mars.

Setelah mempelajari lintasannya melalui 24 kali pengamatan, tim memetakan jalur asteroid ini melalui sistem tata surya bagian dalam dan menunjukkan saat terdekatnya dengan Bumi.

"Para ilmuwan menentukan orbit dari asteroid dengan cara membandingkan ukuran posisinya saat bergerak melintasi langit dan memprediksi orbitnya dengan bantuan model komputer," tutur NASA Jet Propolsion Lab.

Asteroid ini akan melintas aman di dekat Bumi dan merupakan sebuah asteroid yang memang sering melintasi Bumi secara teratur dan mengorbit Matahari.

3 dari 3 halaman

Aman untuk Bumi

Asteroid ini pernah berada dengan jarak terdekat Bumi pada 2016 lalu. Saat itu, 2019 RB3 melintas di dekat Bumi dengan jarak 33 juta mil dari permukaan Bumi.

Kini, asteroid ini kembali melintas di dekat Bumi pada 21 September mendatang.

Pada jarak terdekatnya dengan Bumi, asteroid 2019 RB3 akan berjarak 4,5 juta mil pada 21 September mendatang. Jarak ini sekitar 19 kali lipat jarak Bumi ke Bulan. NASA menjelaskan, tidak ada yang perlu ditakutkan dari kedekatan asteroid 2019 RB3 dengan Bumi.

"Karena asteroid ini mengorbit Matahari, objek yang melintas dekat Bumi bisa sewaktu-waktu berada di dekat Bumi," kata NASA.

NASA juga memperingatkan, meskipun asteroid ini digolongkan sebagai benda yang melintas dekat dengan Bumi, secara istilah manusia jaraknya bisa sangat jauh sekali. "Bisa jutaan atau bahhkan puluhan juta kilometer," katanya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini