Celah Keamanan iOS 13 Mungkinkan Hacker Intip Kontak Pengguna

Oleh Agustinus Mario Damar pada 16 Sep 2019, 12:00 WIB
iOS 13

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang masih baru dirilis iOS 13 minggu depan, tapi laporan dari peneliti keamanan menyebutkan bahwa sistem operasi anyar itu sudah memiliki celah keamanan tersembunyi.

Kehadiran celah keamanan ini diketahui oleh peneliti keamanan Jose Rodriguez beberapa waktu lalu. Adapun celah keamanan ini memungkinan orang lain mengakses kontak pengguna, meski perangkat dalam keadaan terkunci.

Dikutip dari The Verge, Senin (15/9/2019), celah keamanan ini sebenarnya ditemukan pertama kali pada iOS 12.1. Namun dari temuan terbaru, celah keamanan itu masih ditemukan di iOS 13.

Menurut Jose, metode yang digunakan untuk mengakses kontak secara diam-diam ini dilakukan dengan memanfaatkan panggilan FaceTime dan asisten virtual Siri.

Jadi, saat perangkat sedang dalam keadaan terkunci, hacker masih dapat meminta Siri untuk melakukan panggilan FaceTime. Begitu terhubung, ubah panggilan menjadi video dan pilih 'tambah kontak'.

Selanjutnya, perangkat secara otomatis akan menampilkan daftar kontak yang ada di perangkat tersebut. Memanfaatkan fitur 3D touch, informasi lain seputar kontak itu pun dipastikan dapat diakses.

Meski cukup berbahaya, celah keamanan ini hanya dimanfaatkan dengan akses langsung terhadap perangkat yang ingin dicuri datanya. Selain itu, model iPhone yang tidak memiliki fitur 3D touch disebut tidak terdampak celah keamanan ini.

Jose mengatakan masalah ini akan diselesaikan bersamaan dengan peluncuran iOS 13.1, berdasarkan informasi dari versi betanya. Dengan kata lain, solusi untuk masalah ini baru akan digulirkan pada 30 September 2019.

2 of 3

Siap-Siap Pemilik iPhone, Jadwal Rilis iOS 13 Terungkap

Sejumlah fitur iOS 13
Sejumlah fitur pada iOS 13 (Foto: CNET)

Sebelumnya, Apple memang telah mengumumkan kehadiran sistem operasi terbaru besutannya, yakni iOS 13.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (11/9/2019), iOS 13 dipastikan akan menyambangi pengguna iPhone pada 19 September 2019. Sementara iPad OS akan rilis pada 30 September 2019.

Setelah iOS 13, Apple juga sudah menyiapkan versi terbaru dari sistem operasi tersebut, yakni 13.1. Rencananya, pembaruan tersebut akan meluncur pada 30 September 2019.

Perlu diketahui, iOS 13 akan hadir dengan sejumlah fitur anyar. Salah satu yang cukup ditunggu-tunggu kehadirannya adalah dukungan native dark mode.

Selain itu, tampilan galeri foto di iOS 13 juga dibuat lebih interaktif dan tertata rapih. Fitur edit foto dan video juga tidak luput dari perhatian sebab hadir dengan kemampuan yang lebih beragam.

Privasi pengguna iOS turut ditingkatkan dengan dukungan fitur 'Sign in with Apple'. Tidak lupa, ada fitur anyar yang diberi nama Audio Sharing sehingga pengguna dapat menghubungkan satu perangkat dengan dua perangkat audio berbeda.

3 of 3

Daftar iPhone yang Mendapat iOS 13

iOS 13
Tampilan dark mode di iOS 13 (sumber: Apple)

Apple juga sudah mengumumkan daftar iPhone yang akan mendapat sistem operasi anyar ini. Berikut ini Tekno Liputan6.com himpun daftar iPhone yang dapat menggunakan iOS 13.

  • Seluruh model iPhone 2019
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XRi
  • Phone XiPhone 8
  • iPhone 8 Plusi
  • Phone 7
  • iPhone 7 Plusi
  • Phone 6si
  • Phone 6s Plus
  • iPhone SE
  • iPad Touch 7th Generation

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by