Capcom Ungkap Gameplay Resident Evil Project Resistance

Oleh Agustinus Mario Damar pada 16 Sep 2019, 11:30 WIB
Project Resistance

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diumumkan akhir bulan lalu, Capcom akhirnya mengungkap gameplay dari gim Resident Evil terbaru besutannya yang diberi nama Project Resistance saat ajang Tokyo Game Show.

Dikutip dari Gamespot, Senin (16/9/2019), Capcom juga mengungkap sejumlah informasi penting mengenai gim ini. Salah satunya adalah Project Resistance merupakan gim multiplayer 4v1, berbeda dari gim Resident Evil sebelumnya.

Jadi, dalam gim ini empat karakter yang ada dalam gim harus saling bekerja sama untuk melawan satu sosok musuh. Sosok ini berperan sebagai dalang dari segala jebakan dan ancaman berbahaya termasuk mengerahkan pasukan zombie untuk menyerang pemain.

Masing-masing pemain nantinya memiliki kemampuan berbeda-beda dan unik. Berbekal kemampuan tersebut, mereka akan saling bahu membahu untuk melawan jebakan dari sang dalang dalam gim Resident Evil ini.

Capcom menyebut kerja sama merupakan kunci keberhasilan dalam gim kali ini. Mereka harus bekerja sama untuk memecahkan sejumlah teka-teki dan kabur dari tempat tersebut.

Resident Evil Project Resistance dikembangkan untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC. Capcom sendiri belum mengungkap jadwal rilis gim ini, tapi sejumlah pemain disebut dapat mencobanya dalam waktu dekat.

Rencananya, closed beta test akan digelar mulai 4 hingga 7 Oktober untuk anggota Resident Evil Ambassador (PS4) dan Xbox Insiders (Xbox One). Pendaftaran untuk uji coba beta ini sudah dibuka hingga 18 September 2019.

2 of 3

Tiga Seri Lawas Resident Evil Bakal Meluncur di Nintendo Switch, Kapan?

Resident Evil 2
Capcom resmi umumkan Resident Evil 2 di E3 2018. (Doc: Capcom)

Sebelumnya, seperti dikutip dari akun Twitter, Capcom juga mengonfirmasi kehadiran tiga gim Resident Evil lawas ke Nintendo Switch. Adapun judul tersebut adalah Resident Evil HD Remaster, Resident Evil 0, dan Resident Evil 4 akan dirilis pada 21 Mei 2019.

Informasi, seri pertama Resident Evil dirilis pada 23 tahun lalu. Resident Evil 0 meluncur di konsol GameCube pada 2002, sementara RE 4 meluncur tiga tahun berikutnya.

Beberapa bulan belakangan ini Resident Evil memang sedang populer di kalangan gamer.

Resident Evil 7: Biohazard mengambil 'jalan' yang baru dan menarik untuk sebuah gim bergenre thriller tersebut.

Bulan lalu, peluncuran Resident Evil 2 remake di Xbox One, PlayStation 4, dan Windows PC sendiri mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Berkaca dari hal itu, bukan hal yang tak mungkin Capcom bakal meluncurkan seri-seri lawas Resident Evil yang dibuat ulang untuk konsol gim saat ini.

3 of 3

Resident Evil 2 Remake Banjir Pujian Kritikus Gim

Resident Evil
3 judul gim Resident Evil bakal meluncur di konsol Nintendo Switch. (Doc: Ubergizmo)

Menjelang perilisan globalnya pada 25 Januari 2019, Resident Evil 2 remake ternyata sudah dimainkan lebih dulu oleh sejumlah kritikus gim.

Dan hasilnya, review daur ulang dari gim survival horror fenomenal ini kebanyakan positif dan banjir pujian.

Pantauan Tekno Liputan6.com dari sejumlah media gim luar negeri yang mengulas Resident Evil 2 remake, gim ini mengantongi skor nyaris sempurna.

GameSpot, misalnya, memberikan skor 9 dari 10. Sementara, Metacritic memutuskan skor 91 persen, dan IGN sendiri menorehkan skor 9 dari 10.

Laman Telegraph, menyimpulkan kalau Resident Evil 2 remake merupakan gim survival horor paling sempurna yang telah dibuat.

Ulasan ini senada dilontarkan oleh The Verge, yang mengklaim kalau gim ini merupakan gim Resident Evil terbaik.

"Kombinasi yang sangat memuaskan dari Resident Evil 4 dan Resident Evil 7," ujar Sam Byford dari The Verge.

"Remake ini benar-benar merupakan daur ulang yang sangat sempurna, kombinasi antara teror, puzzle, dan aksi yang menawan membuat gim ini terasa sayang untuk tidak dimainkan," tulis Tom Hoggins dari Telegraph. 

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓