Cek Jadwal Rilis Android 10 untuk Smartphone Realme Berikut Ini

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Sep 2019, 08:00 WIB
Realme 3

Liputan6.com, Jakarta - Realme akhirnya mengumumkan jadwal kehadiran pembaruan Android 10 untuk smartphone besutannya. Pengumuman ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran Realme XT.

Kendati demikian, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (14/9/2019), rencana pengguliran Android 10 untuk smartphone Realme baru akan dilakukan pada tahun depan. Dengan kata lain, pengguna smartphone Realme masih harus sedikit bersabar.

Ada delapan model smartphone yang dipastikan menerima Android versi terkini tersebut. Untuk mengetahui daftar lengkapnya, berikut ini Tekno Liputan6.com himpun informasi tentang smartphone Realme yang mendapatkan Android 10 beserta jadwalnya.

  • Kuartal 1 2020 : Realme 3 Pro, Realme 5 Pro, Realme X, dan Realme XT
  • Kuartal 2 2020 : Realme 3, Realme 5, dan Realme 3i
  • Kuartal 3 2020 : Realme 2 Pro

Dari daftar di atas, besar kemungkinan Realme 1 dan Realme 2 tidak akan memperoleh versi Android paling anyar tersebut. Namun, tidak tertutup kemungkinan perusahaan asal Tiongkok akan memperbaru daftar tersebut.

Sebelumnya, Realme juga memastikan bakal merilis smartphone empat kamera besutannya, yakni Realme 5 dan Realme 5 Pro, di Indonesia. Rencananya peluncuran akan dilakukan pada 19 September 2019.

Disebutkan dalam keterangan resmi yang diterima, kedua perangkat ini jadi produk empat kamera pertama dari Realme dan menghadirkan pengalaman fotografi yang diklaim layaknya profesional untuk anak muda di Indonesia.

2 of 3

Janjikan Performa Tinggi

Realme 5
Realme 5 Pro resmi hadir dengan empat kamera belakang (sumber: Realme)

Realme 5 series rencananya menjadi penerus dari Realme 3 series yang laris terjual di Indonesia. Realme menjanjikan perangkat ini akan menjadi smartphone empat kamera dengan kecepatan tinggi untuk pemrosesan gambar dan bermain gim di kelasnya.

Di sektor baterai, Realme disebut sebagai smartphone empat kamera PowerHero karena dukungan chipset hemat daya dari Qualcomm.

Marketing Director Realme SEA Josef Wang mengatakan, Realme 5 dan Realme 5 Pro telah menjadi produk terlaris dan diterima dengan baik di India. Kini saatnya Realme menghadirkan kedua smartphone tersebut di Indonesia.

"Sekarang, waktunya telah tiba dan kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami akan meluncurkan Realme 5 series di Indonesia," kata Josef.

Dia menambahkan, dengan spesifikasi dan harga kompetitif, Realme 5 dan Realme 5 Pro akan sukses besar di Indonesia.

3 of 3

Spesifikasi Realme 5 Pro

Realme 5
Realme akhirnya memperkenalkan Realme 5 dalam acara yang diselenggarakan di India (sumber: India)

Realme 5 dan Realme 5 Pro menghadirkan konfigurasi empat kamera, sebuah peningkatan besar dari Realme 3 Series.

Realme 5 Pro memiliki pengaturan empat kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor Sony IMX586 48MP, kamera sudut lebar 8MP, dua sensor 2MP untuk fotografi makro dan depth sensing.

Realme 5 Pro ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE yang membawa peningkatan kinerja sepuluh persen dan peningkatan grafis 35 persen dibandingkan Snapdragon 710.

Realme 5 Pro membawa teknologi 20W VOOC Flash Charge 3.0, yang menggunakan teknologi rendah tegangan dan pengisian arus tinggi untuk mencegah pemanasan saat mengisi daya. Realme 5 Pro hadir dengan dua opsi memori, yakni RAM 4GB dan 128GB serta RAM 8 GB dan 128GB.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓