Switch Jadi Konsol Paling Laris pada Agustus

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 15 Sep 2019, 16:00 WIB
Tips Nintendo Switch

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch menjadi konsol paling laris pada Agustus 2019. Hal itu merujuk pada laporan perusahaan riset NPD.

"Nintendo Switch lagi-lagi menjadi konsol terlaris pada Agustus dan tetap menjadi konsol terlaris pada tahun 2019," ujar analis NPD Mat Piscatella, dikutip dari Venture Beat, Minggu (15/9/2019).

Nintendo Switch, kata Mat, "satu-satunya konsol dengan keuntungan penjualan pada bulan Agustus dan juga tahun ini.'

Namun untuk penjualan konsol secara umum, Agustus bukan bulan yang baik.

"Belanja perangkat keras pada Agustus 2019 turun 22 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu menjadi USD 167 juta," kata Mat. "Angka ini secara total telah menurun 21 persen dibandingkan tahun lalu menjadi USD 1,6 miliar."

 

2 of 2

Nintendo Gugat Situs Web Penyedia Konten Bajakan

Diwartakan sebelumnya, Nintendo secara resmi mengajukan gugatan terhadap situs web bernama RomUniverse. Situs web ini, menurut Nintendo, diduga menampilkan "salinan palsu merek dagang Nintendo" dan dilaporkan melanggar hak cipta karya aslinya.

Mengutip laporan Polygon, Jumat (13/9/2019), RomUniverse menawarkan keanggotaan dengan tarif USD 30 per tahun.

Dengan keanggotaan tersebut, pengguna dapat mengunduh ROM yang mereka sediakan dengan kecepatan lebih tinggi dalam jumlah tak terbatas.

Di luar keanggotaan itu, pengguna lainnya juga dapat mengakses dan mengunduh ROM di RomUniverse, tetapi dengan kecepatan yang dibatasi.

Nintendo menyebut RomUniverse sebagai salah satu situs yang dikenal luas di kalangan gamers dan paling banyak dikunjungi, yang antara lain menawarkan konten gim Nintendo Switch dan 3DS.

Dalam gugatannya, Nintendo menuntut ganti rugi USD 150.000 untuk setiap pelanggaran hak cipta dan hingga USD 2 juta untuk setiap pelanggaran merek dagang.2 dari 2 halaman

(Why/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓