Sukses

Ruangguru Sabet Penghargaan Bergengsi Berskala Global

Aplikasi bimbingan belajar terbesar di Indonesia Ruangguru berhasil memenangkan penghargaan tunggal bergengsi ITU Global Industry Awards 2019 di Budapest, Hungaria.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi bimbingan belajar terbesar di Indonesia Ruangguru berhasil memenangkan penghargaan tunggal bergengsi ITU Global Industry Awards 2019 di Budapest, Hungaria.

Startup lokal ini menang di kategori Digital Inclusion & Principles dalam forum internasional ITU Telecom World 2019.

Mengutip keterangan Ruangguru yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (13/9/2019), penghargaan Global Industry Awards diberikan kepada sebuah perusahaan besar sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi terhadap solusi menjanjikan dan inovatif untuk memperjuangkan inklusi digital.

Inovasi Ruangguru dalam hal ini adalah keberhasilannya mendorong aksesibilitas pendidikan berkualitas di Indonesia.

Selain memberikan konten-konten berkualitas, Ruangguru dinilai berhasil mengurangi konsumsi kapasitas data rata-rata sebanyak 80 persen untuk setiap video (kini ada ribuan video belajar).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mudahkan Pengguna di Daerah Minim Akses Internet

Dengan begitu, pengguna aplikasi di daerah dengan konektivitas internet rendah tetap dapat mengakses aplikasi Ruangguru.

VP Ruangguru Ritchie Goenawan mengatakan, adanya karya tim teknologi Ruangguru membuat perusahaan bisa membuktikan dukungan penuh terhadap penyetaraan akses, khususnya bagi semua pelajar di daerah terpencil.

"Ini merupakan bentuk nyata dukungan kami terkait perkembangan SDM pendidikan berkualitas, pekerjaan layak, dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan sosial," kata Ritchi.

3 dari 3 halaman

Pertama Kalinya

Terpisah, Pendiri sekaligus Chief Product Officer Ruangguru Iman Usman mengatakan, ini merupakan pertama kalinya perusahaan Indonesia menjadi penerima penghargaan tunggal dalam ITU Global Industry Award.

"Jarang sekali sebuah startup bisa memenangkan penghargaan di kategori untuk perusahaan besar seperti ini. Tahun lalu di kategori lain, perusahaan serupa diterima oleh Huawei dari Tiongkok dan KT Corporation dari Korea," kata Iman.

Dalam salah satu rangkaian acara ITU Telecom World 2019, Ruangguru juga memberikan presentasi di hadapan forum terkait pertumbuhan pesat Ruangguru di paviliun Indonesia dari Bakti Kemkominfo.

Sekadar informasi, ITU merupakan lembaga di bawah PBB yang secara khusus menangani industri komunikasi dan informatika dunia.

ITU Telecom World 2019 merupakan rangkaian seminar, presentasi, pameran, dan penghargaan bagi para pemangku kepentingan industri teknologi komunikasi dan informatika dunia.

Forum ini mempertemukan institusi pemerintahan, pembuat kebijakan, investor, serta korporasi dan usaha kecil dan menengah bidang teknologi dalam cakupan global.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini