Sukses

Kemkominfo Buka Blokir Internet di Mimika dan Jayawijaya

Kedua kabupaten yang akses internetnya mulai dibuka kembali adalah Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka blokir internet di dua kabupaten di Papua yang wilayahnya dianggap telah kondusif.

Adapun kedua kabupaten yang akses internetnya mulai dibuka kembali adalah Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya. Demikian berdasarkan keterangan resmi Kemkominfo, Selasa (10/9/2019).

"Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Mimika di Provinsi Papua yang sudah kondusif, pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa (10/9) pukul 21.00 WIT," kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangannya.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di sebagian besar wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat sudah semakin kondusif, pemerintah secara bertahap membuka kembali layanan data internet kedua kabupaten tersebut.

Pembukaan secara bertahap dilakukan sejak Rabu (4/9) dan terus berlanjut hingga Senin (9/9).

Sekadar informasi, saat ini masih ada empat kabupaten/ kota yang masih diblokir layanan data internetnya di Provinsi Papua yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Begitu juga halnya dengan dua kota di Papua Barat yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong yang masih diblokir layanan internetnya.

"Pemerintah masih terus memantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan," kata Ferdinandus. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Internet di Kabupaten Papua

Dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua Barat, sebanyak 27 kabupaten yang sudah dibuka kembali blokir atas layanan data internet.

27 kabupaten yang sudah dibuka akses internetnya antara lain Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan Nabire. 

Kemudian, ditambah dua kabupaten di atas, yakni Mimika dan Jayawijaya. 

 

3 dari 3 halaman

Akses Internet di Papua Barat

Sementara dari 13 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat, terdapat 11 kabupaten yang sudah dibuka akses layanan data internet.

11 kabupaten yang dimaksud antara lain adalah Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini