Perdana, Apple Bakal Gelar Siaran Langsung Peluncuran iPhone Terbaru di YouTube

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Sep 2019, 11:00 WIB
Apple Luncurkan Tiga iPhone Anyar, XR, XS dan XS Max

Liputan6.com, Jakarta - Apple hampir dapat dipastikan akan memperkenalkan iPhone terbaru dalam acara yang digelar pada 10 September mendatang. Seperti biasa, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu akan menyiarkan secara langsung acara tersebut.

Namun yang berbeda di tahun ini, Apple ternyata ingin membuat siaran langsung tersebut menjangkau lebih banyak orang. Karenanya, untuk kali pertama, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (8/9/2019), acara itu disiarkan melalui YouTube.

Perlu diketahui, ini adalah pertama kalinya, Apple menyiarkan acara perkenalan iPhone dalam platform yang lebih umum, seperti YouTube.

Sebelumnya, siaran itu hanya dapat disaksikan secara terbatas untuk pengguna iOS dan macOS lewat peramban Safari.

Lalu, beberapa tahun belakangan, siaran itu mencakup lebih banyak peramban, seperti Microsoft Edge, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Bahkan tahun lalu, siaran ini dapat disaksikan melalui platform Twitter.

Adapun dalam gelaran nanti, Apple dikabarkan akan memperkenalkan setidaknya tiga model iPhone anyar. Salah satu model iPhone anyar itu disebut-sebut memiliki nama iPhone 11 Pro.

Undangan mengenai acara ini juga sudah disebar ke awak media. Dalam undangan tersebut, Apple menampilkan logo lawasnya yang tampil dengan beragam warna, tapi dibuat lebih futuristik.

Nantinya, acara tersebut akan digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, California, Amerika Serikat.

Nah, untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi soal gelaran event Apple tersebut, dapat menunggu kabarnya lewat Tekno Liputan6.com.

2 of 3

Komponen Kunci iPhone 11 Sudah Mulai Diproduksi

iPhone 11
Tampilan render iPhone 11. (Doc: Hasan Kaymak)

Berbagai komponen untuk iPhone 11 dilaporkan telah mulai diproduksi. Kali ini muncul informasi baru, LG Display sudah mulai memproduksi komponen kunci yakni panel OLED untuk iPhone terbaru itu.

Dilansir Phone Arena, Senin (26/8/2019), ini akan menjadi kali pertama LG mengirimkan layar tersebut untuk iPhone. LG akan memproduksi 10 persen atau sekira sekira 6-7 juta unit panel dari total yang dibutuhkan Apple untuk iPhone 2019.

iPhone 11 Pro dengan layar 5,8 dan 6,5 inci akan hadir dengan layar OLED, sedangkan varian 6,1 inci dengan LCD. LG Display yang menjadi salah satu penyuplai layar OLED, berhasil memenuhi standar kualitas Apple pada semester II tahun lalu.

Samsung masing menjadi penyuplai utama panel OLED untuk iPhone pada tahun ini.

Pihak Apple sampai saat ini masih bungkam soal rencana peluncuran iPhone 11, tapi berbagai bocorannya telah beredar di ranah internet. Salah satunya tentang tanggal pengumuman.

Apple beberapa waktu lalu merilis iOS 13 beta terbaru kepada para pengembang yang sudah mendaftar. Versi iOS itu dilaporkan berisi kode tentang kehadiran iPhone 11 pada 10 September 2019.

Kode iOS 13 itu disebut memuat sebuah gambar yang memperlihatkan screenshot dengan keterangan Selasa, 10 September. Kemudian juga ada keterangan tertulis, "HoldForRelease."

3 of 3

Ini Bocoran Spesifikasi iPhone 11

Ilustrasi iPhone
iPhone (AP Photo/Kiichiro Sato, File)

Seri iPhone 11 sama seperti para pendahulunya, akan debut dengan prosesor generasi baru Apple. Chipset tersebut diprediksi memiliki nama A13 Bionic, yang akan dipasangkan dengan RAM 4GB untuk model premium.

Untuk memori internal, seri iPhone 11 dilaporkan akan memiliki opsi yakni 128, 256, dan 512GB. Tiga varian iPhone 11 diprediksi tetap memiliki notch, yang telah dihadirkan Apple sejak 2017.

Dari sisi desain, Apple disebut tidak melakukan banyak perubahan. Perusahaan lebih fokus pada peningkatan di sisi internal.

Salah satunya untuk teknologi Face ID, yang disebut akan secepat Touch ID generasi kedua. Menurut laporan, sistem pengenalan wajah tersebut dapat bekerja pada jarak lebih dekat dan sudut lebih luas.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓
Tragedi Kabut Asap