Percakapan soal Ibu Kota Baru: Pindah ke Hati Mantan hingga Ibu Kita Besanan

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 05 Sep 2019, 08:00 WIB
Mencari Ibu Kota Baru Pengganti Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pada 26 Agustus lalu pemerintah menyatakan akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Pengumuman pemindahan ibu kota ini banyak dibicarakan pengguna media sosial terutama Twitter dan menjadi trending topic.

Tekno Liputan6.com mencoba untuk menganalisis percakapan tersebut dengan pendekatan linguistik korpus.

Kami mengumpulkan sampel twit sebanyak 3.000 twit per hari mulai dari tanggal 26 hingga 30 Agustus 2019 yang memuat kata kunci ibu kota atau ibukota--masih banyak orang menulis bentuk tidak baku ibukota, padahal bentuk bakunya ibu kota. Artinya, ada 15.000 sampel twit yang kami jadikan korpus untuk dianalisis.

Pertama, kami mencari tahu kata-kata dengan frekuensi tertinggi di korpus tersebut dan kata kota memiliki frekuensi tertinggi. Berikut ini daftar lima puluh kata dengan frekuensi tertinggi:

Grafik

Di antara lima puluh kata di daftar di atas, ada satu kata yang tidak diduga muncul, yakni kata mantan. Ternyata kata mantan merupakan lelucon warganet di tengah-tengah pembahasan serius soal pemindahan ibu kota ini. Berikut ini beberapa konteks kalimat terkait pemakaian kata tersebut. 

biarlah ibu kota negara pindah ke kalimantan, asal kamu jangan pindah ke hati mantan

biarlah ibu kota pindah ke kalimantan. yg penting hatimu bukan utk mantan

cukup ibu kota aja pindah kalimantan kamu jangan sampe pindah ke hati mantan

 

 

2 of 3

Bigram

Selanjutnya kami mencari tahu bigram dengan frekuensi tertinggi sebagai berikut ini.

Grafik

Dari lima puluh bigram di atas, ada beberapa bigram yang menarik untuk dicari konteksnya yakni jawa barat, ridwan kamil dan ke hatimantan. Untuk dua bigram pertama, twit-twit yang memuat kedua kata tersebut merujuk pada pemberitaan tentang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang melontarkan wacana pemindahan ibu kota Jawa Barat dari Bandung tak terlalu lama setelah pengumuman pemerintah pusat.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyebutkan tiga daerah calon ibu kota baru Jawa Barat yakni Tegalluar (Kabupaten Bandung), Walini (Kabupaten Bandung Barat) dan Segi Tiga Rebana (Kabupaten Majalengka). Berikut ini beberapa konteks twit yang memuat bigram jawa barat dan ridwan kamil.

biar ibu kota jawa barat masalahnya selesai, solusinya pindahkan ibu kota ke kota yang ga ada masalah

ibu kota jawa barat erek di pindahkeun ti bandung ? cemacem wae

ibu kota negara resmi pindah, trs sekarang ibu kota jawa barat juga mau pindah katanya. kompak sekaliii~

menular ridwan kamil gak mau kalah dengan presiden rupanya. ia ingin pindahkan ibu kota jawa barat. alasannya sama

Banyak twit yang memuat kata jawa barat dan ridwan kamil cenderung negatif, antara lain ada yang menganggap Emil ikut-ikutan pemerintah pusat.

Namun Emil menegaskan, kajian wacana ini sudah diatur dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029. Selain itu, kata Emil, kajian tentang wacana ini bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan.

Adapun bigram ke hatimantan, ini sama seperti kata mantan yang masuk ke daftar kata dengan frekuensi tertinggi. Ada dua pola yang terlihat dalam penulisan kalimat dengan konteks tersebut yakni hatimantan dan hati mantan--seperti temuan pertama, tetapi secara semantis keduanya sama saja.

3 of 3

Trigram dan Quadgram

Kemudian kami mengekstraski trigram yang paling banyak ditemukan di korpus.

Grafik

Satu trigram yang paling mencolok di antara trigram lainnya adalah anak ibu kota. Setelah kami cari ketahui konteksnya, trigram itu mengacu pada status yang melekat--atau dilekatkan--kepada mereka yang berdomisili di Jakarta, entah itu bekerja atau kuliah.

Sebagai konsekuensi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, status anak ibu kota pun akan berpindah dengan sendirinya. Berikut ini beberapa twit relevan yang memuat trigram anak ibu kota.

 

calon mantan anak ibu kota

hahah sue banget gue di katain mantan anak ibu kota sama temen w yg di daerah. di bilang, sekarang jd anak kampung ya ?. kalo jakarta di bilang kampung anjir terlalu gimane gitu.

akhirnya aku jadi anak ibu kota juga wkwkwkwk #ibukotabaru mana nih suaranya anak kaltim?

apakah pada mulai googling lowker di kalimantan? biar status tetap sbg anak ibu kota, ckckck  

cie cieee. yg sebentar lg jd anak ibu kota

Terakhir, kami menganalisis quadgram yang paling banyak muncul. Ada satu quadgram yang terlihat paling kontras dibandingkan dengan yang lainnya yakni quadgram yang penting ibu kita.

 

Grafik

Awalnya kami pikir kata kita pada quadgram itu salah ketik, tapi setelah kami periksa di korpus, twit yang memuat quadgram yang penting ibu kita merujuk pada twit lelucon dengan konteks seperti berikut ini:

 

'gapapa ibu kota pindah yang penting ibu kita tetap besanan' hiyahiyahiya 

biarin ibu kota pindah, yang penting ibu kita besanan:')

biarin deh ibu kota pindah. yg penting ibu kita besanan.

gapapa deh ibu kota pindah yang penting ibu kita besanan hehe

 

(Why/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓