Ragam Keunggulan Jaringan 5G, Mulai dari Kesehatan hingga Pendidikan

Oleh Devira Prastiwi pada 04 Sep 2019, 16:00 WIB
The Head of Greater China and Head of Asia, GSMA, Sinan Chen Bo

Liputan6.com, Chengdu - The Head of Greater China and Head of Asia, GSMA, Sinan Chen Bo memaparkan beragam keunggulan jaringan 5G. Hal itu dia sampaikan pada acara Huawei Asia-Pacific Innovation Day ke-5 di Chengdu, Tiongkok, Selasa (3/9/2019).

Menurut Sinan, keunggulan 5G tidak hanya terletak pada kecepatannya, tetapi juga jaringannya yang fleksibel. Jaringan 5G juga diyakini Sinan dapat memacu pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia Pasifik.

"Penggunaan jaringan 5G juga mampu menjamin keselamatan pekerja sebab tidak perlu bersinggungan secara langsung dengan alat dan komponen berbahaya," ujar Sinan.

Yang tak kalah penting, lanjut dia, jaringan 5G juga bisa dimanfaatkan untuk bidang kesehatan.

Dalam hal ini, Sinan mencontohkan seorang dokter yang bisa memberikan obat tanpa bertemu dengan pasiennya secara langsung.

"5G smarthealth center, kemudian 5G telemedicine, di mana jaringan 5G memungkinkan dokter dari jarak jauh untuk memberikan resep obat berdasarkan diagnosis yang dilakukan secara langsung via digital," kata dia.

 

2 of 2

Penerapan 5G di Berbagai Bidang

Sementara di bidang peternakan, lanjut Sinan, masyarakat dapat memanfaatkan jaringan 5G yang terpasang di sensor pada leher hewan ternak.

Hal tersebut, kata dia, bisa bermanfaat untuk mencegah atau menemukan hewan ternak yang hilang arah.

"Untuk wilayah yang mengandalkan peternakan sebagai mata pencarian utama, kehilangan hewan ternak dapat berdampak merugikan bagi mereka,” kata dia.

Kemudian pada bidang pendidikan, sambung Sinan, jaringan 5G juga memiliki potensi manfaat besar. Jaringan 5G memungkinkan siswa di daerah terpencil untuk mengakses konten edukasi berkualitas tinggi. Sinan turut menekankan, jaringan 5G merupakan kenyataan yang tak bisa terelakkan lagi.

"Meski demikian, pelaku industri teknologu perlu terus berinovasi agar dapat mengungkapkan berbagai hal yang belum diketahui umat manusia lainnya, sehingga dapat menghadirkan hal berguna untuk masyarakat via teknologi," tegas Sinan.

(Devira/Why)

Lanjutkan Membaca ↓