Ini 9 Fitur Android 10 yang Dinanti Para Pengguna Smartphone

Oleh Liputan6.com pada 03 Sep 2019, 11:22 WIB
Android 10

Liputan6.com, Jakarta - Android 10 atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Android Q diumumkan Google hingga beberapa versi Beta. Menurut rumor yang beredar, sistem operasi anyar tersebut akan mulai digulirkan pada hari ini, 3 September 2019.

Dengan beberapa perkembangan, fitur-fitur baru selalu ditambahkan dalam setiap pembaruannya, sehingga pengguna dapat lebih nyaman memakai sistem operasi ini.

Terkini, Android 10 menawarkan fitur-fitur baru sebagaimana dilansir Android Central dan Trusted Review, Selasa (3/9/2019). Berikut sembilan di antaranya:

1. Dark Mode Lebih Menyeluruh

Fitur terbaru ini dapat membuat antarmuka smartphone menjadi versi yang lebih gelap dari sebelumnya.

Google juga menggunakan application programming interface (API) baru sehingga nanti aplikasi-aplikasinya akan ikut menggunakan mode gelap ketika mode ini diaktifkan

2. Fitur Live Caption yang Memberikan Subtitle Secara Langsung

Tidak perlu khawatir untuk tidak dapat mendengar suara dari video yang disetel di tempat yang berisik.

Dengan fitur ini, Android 10akan memberikan semacam subtitle secara langsung kepada video atau audio yang sedang disetel. Fitur ini nantinya tidak membutuhkan koneksi internet

 

2 of 5

3. Home Button Tersembunyi

Android 10. Dok: 9to5google.com
Android 10. Dok: cnet.com

Pada sistem operasi sebelumnya, tombol utama terlihat berada di bawah ponsel. Namun untuk kali ini, tombol utama tidak akan terlihat sehingga menciptakan kesan bersih dan luas pada antarmuka ponsel.

Tombol utama hanya akan muncul ketika pengguna membuka sebuah aplikasi.

4. Perubahan dalam Perizinan Aplikasi yang Memberi Opsi Baru pada Pengguna

Kali ini, Android 10 akan lebih menjaga privasi dari penggunanya dengan memberikan opsi tambahan terhadap perijinan aplikasi.

Apabila sebelumnya perizinan permintaan lokasi hanya terdapat dua opsi, yaitu izinkan dan tidak izinkan. Maka kali ini terdapat opsi ketiga, yaitu izinkan apabila aplikasi sedang digunakan.

 

3 of 5

5. Fitur SharingShortcuts yang Membuat Pembagian File Lebih Mudah

Android 10. Dok: cnet.com
Android 10. Dok: youtube.com

Sebelumnya, antarmuka untuk membagikan file sangatlah 'penuh' dengan berbagai macam pilihan aplikasi, tetapi sekarang Google menyediakan fitur yang bernama SharingShortcuts yang dapat membuat pengguna membagikan file ke suatu aplikasi dengan lebih cepat dan spesifik

6. Opsi Tema Baru yang Memiliki Warna-Warna Lucu

Dalam Android 10 ini pengguna diberikan kebebasan untuk memilih warna antarmuka-nya.

Warna-warna yang disediakan pun cukup beragam mulai dari warna dasar biru, hitam, hijau, ungu hingga warna-warna khusus seperti coklat (Cinnamon), biru (Ocean), ungu (Space) dan pink (Orchid).

 

4 of 5

7. Fitur Bubbles yang Memberikan Kemudahan untuk Balas Pesan

Android 10.
Android 10. Dok: theverge.com

Apabila notifikasi pada sebelumnya muncul seperti gelembung pada layar, kali ini notifikasi pesan tersebut dapat dibalas secara langsung dengan menarik gelembung tersebut kebawah, ini akan membuka isi dari percakapan tersebut sehingga memudahkan pengguna untuk membalas pesan sembari membuka aplikasi lainnya.

8. Menjaga Privasi Terhadap Pencurian Data via Wi-Fi

Dalam hal ini Android 10 akan membatasi aplikasi-aplikasi yang dapat mengakses International Mobile Equipment Identity (IMEI), nomor serial dan data pribadi lainnya.

Ini juga memberi pengguna perlindungan saat menggunakan jaringan Wi-Fi dengan mengacak alamat perangkat Media Access Control (MAC)

 

5 of 5

9. Mode Fokus yang Membuat Pengguna Tak Terganggu

Android 10.
Android 10. Dok: mashable.com

Android 10 memperkenalkan mode baru yang dapat membantu pengguna untuk fokus terhadap pekerjaannya, mode ini dinamakan "Focus Mode".

Dalam mode ini, pengguna dapat memilih aplikasi-aplikasi yang menurutnya mengganggu dan Android 10 akan menonaktifkannya untuk sementara.

(Keenan Pasha/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓