Sukses

Menkominfo: Ada yang Memotong Kabel Utama Telkomsel di Jayapura

Menkominfo mengungkap ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura.

Liputan6.com, Jakarta - Terkait dengan padamnya akses SMS dan telepon di Papua, Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data.

"Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data atau tidak ada kebijakan blackout. Sementara layanan suara dan SMS tetap difungsikan," kata Rudiantara dalam keterangannya, Jumat (30/8/2019).

Pria yang akrab disapa Chief RA itu pun menjelaskan hal yang sebenarnya terjadi di Jayapura.

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura," kata Rudiantara.

Dia menambahkan, Telkomsel kini tengah berupaya untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan telepon dan SMS bisa difungsikan kembali.

Rudiantara pun memaparkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian RI dan TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isu Pembakaran Kantor Telkom

Diwartakan sebelumnya, akses telekomunikasi di Papua dan Papua Barat dikabarkan telah diputus oleh pemerintah. Informasi ini dicuitkan oleh SAFEnet (Southeast Asian Freedom of Expression Network) melalui Twitter.

Menurut informasi dari SAFEnet, pemadaman akses selular di Jayapura, Papua dilakukan oleh pemerintah pada 15.35 WIT.

"Pukul 15:35 WIT, jaringan selular di Jayapura dimatikan," kata SAFEnet lewat akun Twitternya, Selasa (29/8/2019).

Karena pemadaman seluruh akses seluler, masyarakat di Jayapura, Papua tidak bisa terhubung melalui internet, SMS, maupun telepon.

Tekno Liputan6.com telah meminta informasi dari Ombudsman mengenai hal ini, tetapi Ombudsman mengatakan kabar tersebut masih simpang siur.

Komisioner Ombudsman Alvin Lie juga menyebut, belum ada informasi apakah pemerintah memutus seluruh akses telekomunikasi di Papua atau hal ini merupakan dampak dibakarnya kantor Telkom di provinsi paling timur Indonesia itu.

"Belum tahu, apakah (akses seluler) dimatikan atau terjadi kerusakan karena menurut berita, kantor Telkom diserang massa. Kabarnya masih simpang siur. Kalau kantor Telkom diserang dampaknya bisa ke kerusakan jaringan telepon dan SMS," tutur Alvin saat dihubungi Tekno Liputan6.com.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Pemutusan Telekomunikasi

Sementara itu, Damar Juniarto, Koordinator SAFENet, mengatakan bahwa keterangan Dirjen Aptika Kemkominfo kepada dirinya menegaskan tidak ada pemutusan telekomunikasi.

"Menurut Dirjen Aptika, tidak ada pemutusan telekomunikasi. Dari laporan operator, kabel koneksi antar BTS dibakar massa. Ini yang mengakibatkan jaring selular mati. Ada 313 BTS yang tidak berfungsi," kata Damar.

Kami juga menghubungi Telkom untuk meminta konfirmasi terkait kabar pengrusakan kantor Telkom. Dalam pernyataan resminya Telkom menyebut telah melakukan sejumlah antisipasi terhadap aset dan layanan TelkomGroup sehubungan dengan kerusuhan di Papua.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini