Sukses

Spotify Siapkan Tombol Khusus untuk Mudahkan Pengguna Bikin Podcast

Spotify dilaporkan tengah menguji coba tombol khusus untuk membuat podcast langsung dari dalam aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify dilaporkan terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan podcast di layanannya. Oleh sebab itu, beragam fitur anyar dihadirkan untuk membuat pengguna maupun kreator podcast lebih nyaman.

Salah satu fitur baru yang diketahui akan ada di Spotify adalah tombol untuk membuat podcast. Informasi ini diketahui dari seorang reverse engineer kenamaan Jane Wong beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Jumat (30/8/2019), Jane menemukan ada tombol baru di tab Podcast bertuliskan 'Create podcast'. Jika tombol itu ditekan, pengguna akan dibawa ke aplikasi Anchor (apabila sudah terpasang) atau ke situs web tentang aplikasi itu.

Sekadar informasi, Anchor merupakan perusahaan yang memungkinkan pengguna smartphone membuat podcast langsung dari perangkatnya. Awal tahun ini, perusahaan itu secara resmi dimiliki oleh Spotify.

Oleh sebab itu, Spotify akan dapat menghadirkan pengalaman lebih baik untuk pengguna dalam membuat podcast. Salah satunya dengan membuat pengalaman lebih mulus saat ingin membuat konten podcast.

Kendati demikian, Spotify belum angkat bicara mengenai laporan ini. Menurut perwakilan perusahaan asal Swedia tersebut, pihaknya memang kerap melakukan sejumlah uji coba untuk meningkatkan kemampuan produknya.

Untuk itu, menarik menunggu langkah Spotify selanjutnya dengan kehadiran fitur ini. Terlebih, perusahaan itu juga baru saja mengakuisi Soundtrap yang memiliki fungsi sebagai alat memproduksi podcast.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spotify for Podcasters Resmi Hadir, Ini Fitur Lengkapnya

Sebelumnya, Spotify juga merilis layanan untuk para podcaster. Layanan ini telah mengakhiri masa beta, sehingga para podcaster bisa lebih mengoptimalkan kontennya.

Dilansir Phone Arena, Rabu (14/8/2019), Spotify menggambarkan layanan ini sebagai dashboard analisis dan discovery.

Spotify for Podcasters dapat digunakan oleh pembuat konten untuk melacak berbagai hal, seperti rata-rata waktu mendengarkan dan total pendengar konten podcast mereka.

Singkatnya, para pembuat konten bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang pendengar konten podcast mereka. Selain itu, mereka juga bisa mengembangkan kontennya berdasarkan data yang diterima.

Selain data demografis dan insight terkait pendengar, posdcaster juga akan menerima berbagai informasi lain termasuk jenis kelamin, selera musik, data negara, serta pola listening para pendengarnya.

Kehadiran dashboard ini diharapkan bisa memperdalam keterlibatan para konsumennya, serta membantu podcaster menumbuhkan audiens dan karir mereka. Spotify for Podcasters sudah tersedia untuk semua pembuat konten secara gratis.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.