Realme Q Siap Meluncur 5 September

Oleh Agustinus Mario Damar pada 30 Agu 2019, 09:30 WIB
Realme 3

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat, Realme akan menambah jajaran smartphone terbarunya. Informasi ini diketahui dari pengumuman perusahaan melalui akun Weibo.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (30/8/2019), di pengumuman tersebut, Realme mengatakan akan mengadakan acara pada 5 September 2019 di Tiongkok. Adapun acara ini diselenggarakan untuk memperkenalkan lini terbaru, yakni Realme Q.

Menurut informasi yang beredar, Realme tidak hanya akan memperkenalkan satu model smartphone, melainkan empat, yakni Realme 5, Realme 5 Pro, Realme XT, dan Realme Q1.

Sayang, tidak banyak informasi yang diungkap mengenai spesifikasi masing-masing smartphone tersebut. Namun untuk seri Realme 5 dan Realme 5 Pro, keduanya sudah diperkenalkan saat acara yang digelar di India beberapa waktu lalu.

Sementara untuk Realme XT, produk ini disebut akan menjadi smartphone pertama Realme dengan kamera belakang 64MP. Terlebih, perusahaan sudah beberapa kali menyebut siap meluncurkan smartphone berkamera belakang 64MP.

Lalu, Realme Q1 besar kemungkinan akan menjadi debut lini Q. Ada analisis yang menyebut smartphone ini kemungkinan akan menjadi produk pertama Realme yang tidak menggunakan ColorOS, melainkan OS besutan internal perusahaan.

Kendati hingga saat ini belum ada informasi detail dari Realme, tidak ada salahnya menunggu hingga keempat produk itu diperkenalkan pekan depan.

2 of 3

Realme 5 dan Realme 5 Pro Meluncur, Hadir dengan Empat Kamera

Realme 5
Realme 5 Pro resmi hadir dengan empat kamera belakang (sumber: Realme)

Sebelumnya Realme resmi telah memperkenalkan smartphone terbarunya ke publik. Dalam sebuah acara di India, perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan kehadiran Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (20/8/2019), kedua smartphone dipastikan hadir dengan empat kamera belakang. Seusai namanya, Realme 5 Pro hadir dengan spesifikasi lebih tinggi ketimbang Realme 5 standar.

Untuk spesifikasi, Realme 5 Pro dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 712. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,3 inci berdesain notch waterdrop dengan resolusi Full HD+.

Realme 5 Pro hadir dengan tiga pilihan kapasitas RAM dan ROM, yakni RAM 4GB/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB, dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Sebagai penunjang performanya, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.035mAh dan sudah mendukung fitur fast charging VOOC 3.0 20W.

Beralih ke sektor kamera belakang, lensa utama Realme 5 Pro beresolusi 48MP dengan sensor Sony IMX586 yang memiki hasil foto 12MP. Sementara lensa lain beresolusi 8MP (ultrawide), 2MP (macro lens), dan depth sensor.

Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 16MP. Realme 5 Pro yang hadir dalam dua pilihan warna, sparkling blue dan crystal green, ini rencananya dijual 4 September dengan harga mulai 13.999 rupee (Rp 2,7 juta).

3 of 3

Realme 5

Realme 5
Realme akhirnya memperkenalkan Realme 5 dalam acara yang diselenggarakan di India (sumber: India)

Adapun Realme 5 memilki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dari saudaranya. Smartphone ini ditopang Snapdragon 665 dengan tiga opsi RAM dan ROM, yakni RAM 3GB/ROM 32GB, RAM 4GB/ROM 64GB, dan RAM 4GB/ROM 128GB.

Realme 5 memiliki ukuran layar lebih besar, yakni 6,5 inci, dengan resolusi HD+. Meski memiliki baterai 5.000mAh, Realme tidak menyertakan fitur fast charging untuk smartphone ini.

Komposisi kamera belakang smartphone ini sama dengan Realme 5 Pro, begitu pula resolusi yang disematkan. Hanya, lensa utama ini memiliki resolusi 12MP dengan bukaan f/1.8.

Lantas untuk kemampuan selfie, Realme 5 memiliki kamera depan 13MP. Tersedia dalam dua pilihan warna, crystal blue dan crystal purple, Realme 5 akan tersedia pada 27 Agustus dengan harga mulai 9.999 rupee (Rp 1,9 juta).

(Dam/Why) 

Lanjutkan Membaca ↓