Sukses

Ibu Kota Pindah, Warganet Bandingkan Jakarta dengan New York

Setelah pengumuman ibu kota baru, banyak dari warganet yang membandingkan Jakarta dengan New York, seperti apa kicauannya?

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Ibu Kota baru dengan cepat mendapat beragam respons dari warganet.

Salah satu yang cukup banyak diperbincangkan adalah pemisahan kota pemerintahan dan bisnis dengan keputusan ini.

Seperti diketahui, Jokowi telah mengumumkan bahwa Ibu Kota akan dipindah ke wilayah Kalimantan Timur. Kendati Ibu Kota dipindah, Jokowi menuturkan Jakarta tetap menjadi pusat bisnis skala regional maupun global.

“Jakarta akan tetap jadi prioritas pembangunan dan dikembangkan bisnis, keuangan, menjadi skala regional dan global,” tuturnya. Dengan pembagian ini, sejumlah warganet pun membandingkan Jakarta dengan New York di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Amerika Serikat memang memisahkan Ibu Kota Negara dengan pusat bisnis. Ibu Kota Amerika Serikat adalah Washington DC, sedangkan kota bisnis yang padat adalah New York.

Untuk mengetahui seperti apa tanggapan warganet yang membandingkan Jakarta dengan New York, berikut ini ada beberapa tweet yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, Senin (26/8/2019).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Salah Jakarta

Jokowi juga mengatakan, pemindahan ibu kota dilakukan karena beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan bisnis sudah sangat berat.

Besarnya beban itu menyebabkan masalah perkotaan seperti macet, polusi dan banjir menjadi tidak terelakkan. Namun demikian, Jokowi menegaskan masalah perkotaan itu terjadi bukan karena pemerintah provinsi DKI Jakarta abai.

"Kemacetan lalu lintas yang terlanjut parah, polusi udara, dan ini buka kesalahan pemprov DKI, tapi karena besarnya beban yang diberikan ekonomi kepada Jawa dan Jakarta, kesejangan ekonomi Jawa dan non-Jawa yang meningkat,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2019). 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.