XL Axiata Perluas Jaringan 4G di Sumbawa

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 26 Agu 2019, 16:00 WIB
BTS XL Axiata

 

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata memperluas cakupan jaringan internet 4G LTE di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Perluasan jaringan 4G di Sumbawa ini dilakukan seiring dengan konsumsi data yang kian besar di wilayah sebelah timur Pulau Lombok tersebut.

Sebagai informasi, kini 74 persen dari total 180 ribu pelanggan di Sumbawa telah mengakses layanan 4G.

Grup Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan, kehadiran jaringan 4G di Sumbawa mendapat sambutan positif. Menurutnya, trafik data meningkat 95 persen dalam setahun terakhir, pun demikian dengan jumlah pelanggan yang meningkat.

"Sumbawa merupakan area dengan pertumbuhan penggunaan layanan data di atas rata-rata untuk seluruh wilayah NTB," tutur Imam di Sumbawa, Senin (26/8/2019).

Pertumbuhan layanan data itu juga disumbang dari popularitas Sumbawa sebagai destinasi wisata dan masyarakat yang kian masif memakai internet untuk mengakses internet.

Pada kesempatan yang sama, Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang sebanyak 170 juta, Sumbawa dan Nusa Tenggara Timur menyumbang 5 persennya.

"Potensi itu masih sangat besar. Saat masuk ke Sumbawa, kami terkejut karena dalam jangka tidak lama, network sudah congest lagi," tuturnya.

Gede mangatakan, selain potensial secara bisnis, diperluasnya jaringan 4G di Sumbawa juga merupakan XL Axiata selaku operator nasional berkewajiban memberikan layanan ke seluruh ke polosok.

 

2 of 3

Jumlah BTS dan Kabel Fiber Optik

Petugas teknisi XL Axiata melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS 4G yang berada di ruas Jalan Tol Merak, Jakarta (Foto: XL Axiata)

Bicara soal BTS, di Sumbawa, kata Gede, kini ada 712 BTS. Jumlah itu meningkat cukup signifikan, pasalnya pada Agustus 2018, jumlah BTS di Sumbawa ada 507 BTS, sementara pada Juni 2019 jumlahnya sebesar 712 BTS. Sementara pada Desember 2019, XL Axiata ditargetkan memiliki 726 BTS 3G dan 4G.

"Yang sekarang dikembangkan setengahnya BTS LTE dan sudah menjangkau satu pulau Sumbawa di lima kota dan kabupaten, yakni di Bima, Sumbawa Barat, Dompu, dan Sumbawa Besar," kata Gede.

Tidak hanya BTS, XL Axiata juga menggelar kabel fiber sepanjang 1.200Km di Sumbawa. Operator yang lekat dengan warna biru ini berambisi pada akhir Oktober seluruh pulau Sumbawa bakal terkoneksi fiber.

"Tahun ini kami menggelar 1.200 Km fiber di Sumbawa, kalau tidak ada halangan akhir Oktober semua kota dan kabupaten di Sumbawa terkoneksi fiber. Dengan koneksi kabel fiber ini, kapasitasnya bisa 5 kali ketimbang sebelumnya," kata Gede.

 

3 of 3

Belanja Modal untuk 2019

Seorang petugas di menara BTS berupaya memperkuat jaringan XL di sepanjang tol baru untuk keperluan mudik 2017 (Sumber: XL Axiata)

Sekadar informasi, XL Axiata sebelumnya menggelontorkan belanja modal dengan nilai Rp 7,5 triliun untuk 2019. Dari jumlah itu, 20 persennya dialokasikan untuk transport kabel fiber dan semua perangkatnya.

XL Axiata sendiri sudah membelanjakan Rp 4,6 triliun dari capex di atas, dengan fokus pengembangan jaringan di luar Jawa.

Gede menjelaskan, XL Axiata agresif menghadirkan teknologi fiber di Sumbawa. "Karena kalau bicara data, jaringan dari gelombang mikro (microwave) sudah tidak cukup, karena semua yang dikembangkan adalah data," katanya.

Selain itu, jaringan fiber juga merupakan investasi jangka panjang dan untuk teknologi yang akan datang.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓