Analisis Twit Jokowi: Asian Games, Ucapan Selamat, Jalan Tol hingga Dana Desa

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 27 Agu 2019, 07:00 WIB
Jokowi Umumkan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Politik merupakan salah satu topik populer di Twitter. Pekan lalu Twitter merilis sepuluh tagar terpopuler di Indonesia pada periode Januari-Juli 2019. Ternyata tagar #Pemilu2019, yang tentu saja berkenaan dengan politik, menduduki posisi pertama.

Selain itu, banyak politikus aktif di jejaring sosial berbasis mikroblog tersebut. Data Social Bakers menunjukkan bahwa secara global akun pribadi Barack Obama menjadi akun politikus dengan pengikut terbanyak yakni 107 juta pengikut, diikuti Donald Trump dengan 63 juta pengikut, Narendra Modi dengan 49 juta pengikut, dan seterusnya.

Sebagai catatan, di sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan India, akun Twitter resmi kepala negara atau kepala pemerintahan terpisah dengan akun pribadinya.

Bagaimana di Indonesia? Masih mengutip data Social Bakers, akun Joko Widodo memiliki pengikut terbanyak yakni 11 juta pengikut, diikuti Susilo Bambang Yudhoyono dengan 10 juta pengikut, Basuki Tjahaya Purnama dengan 8 juta pengikut, Prabowo Subianto dengan 3 juta pengikut, dan seterusnya.

Di artikel ini Tekno Liputan6.com menganalisis twit akun @jokowi dengan pendekatan linguistik korpus untuk mencari tahu kata dan topik apa saja yang paling banyak dibicarakan. Terlebih dahulu kami merasa perlu untuk membahas sekilas tentang linguistik korpus.

McEnery & Hardie (2012) menyebut linguistik korpus berkaitan dengan sekumpulan teks yang dapat dibaca mesin atau alat tertentu dan teks itu menjadi dasar untuk melakukan telaah atas pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Selaras dengan pendapat McEnery & Hardie, Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring memaknai korpus sebagai "kumpulan ujaran yang tertulis atau lisan yang digunakan untuk menyokong atau menguji hipotesis tentang struktur bahasa".

Adapun korpus di artikel ini adalah teks yang bersumber dari twit @jokowi yang berjumlah 1.958 twit. Tekno Liputan6.com telah mengumpulkan semua twit pada akun @jokowi hingga Minggu (25/8/2019). Catatan yang mesti diperhatikan: semua tautan (link) foto atau video di korpus ini telah dihapus karena bukan elemen yang dianggap penting.

Untuk diketahui, twit pertama @jokowi pada 21 Juni 2015, berbunyi,

alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. selamat berpuasa saudaraku semua. ini tweet pertama saya sebagai presiden. -jkw.

Sementara twit terakhirnya di korpus ini adalah twit pada 24 Agustus 2019, yang berbunyi,

pernah dengar gudeg ceker? di solo, anda bisa menemukannya di gudeg mbak yus. mau ceker pedas atau manis, tinggal pilih. tapi di solo, ada banyak pilihan jenis kuliner. semuanya enak. nggak ada yang nggak enak. ini kata pemilik warung-warung itu.
2 of 10

Kata dan N-gram dengan Frekuensi Tertinggi

Alat yang kami gunakan menunjukkan bahwa korpus ini terdiri dari 60.568 token dan 49.349 kata.

Istilah "token" mengacu pada jumlah kata secara keseluruhan di dalam korpus, terlepas dari seberapa sering kata-kata itu diulang. Istilah "kata" mengacu pada jumlah kata yang berbeda di dalam korpus. Perhatikan kalimat berikut:

Pagi ini saya makan bubur ayam, siang nanti saya makan soto ayam.

Kalimat itu memuat dua belas token dan sembilan kata sebab kata "saya", "makan", dan "ayam" diulang sebanyak dua kali.

Korpus kemudian dianalisis dengan alat khusus dan ada dua tipe data yang telah diekstraksi darinya yakni kata-kata dan N-gram dengan frekuensi tertinggi.

Kata depan "di" memiliki frekuensi tertinggi yakni 1609, diikuti dengan kata "dan" (1312), "yang" (904), "ini" (721), "kita" (698), "saya" (679), "indonesia" (577), dan seterusnya. Lihat grafik lima puluh kata dengan frekuensi tertinggi berikut.

 

Grafik Kata dengan Frekuensi Tertinggi dari akun @jokowi. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kemudian Tekno Liputan6.com mencari N-gram--dalam artikel ini bigram dan trigram--dengan frekuensi tertinggi. Perhatikan grafik berikut.

Grafik N-gram dengan Frekuensi Tertinggi dari akun @jokowi. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di antara 50 N-gram tersebut, kami memilih beberapa N-gram yang menurut kami paling menarik untuk diketahui konteks penggunaannya. 

3 of 10

Adverbia Waktu: Hari Ini, Pagi Ini, Tahun Ini, Siang Tadi, Siang Ini, Pagi Tadi

Data N-gram kami menunjukkan, Jokowi sering menegaskan adverbia waktu saat menceritakan aktivitasnya di Twitter. Beberapa adverbia waktu yang masuk ke dalam daftar 50 N-gram dengan frekuensi tertinggi adalah hari ini, pagi ini, tahun ini, siang tadi, siang ini, dan pagi tadi. Berikut beberapa twit yang memuat adverbia tersebut:

 

upacara di istana merdeka hari ini berlangsung hikmat tapi meriah. ada 11.000 kursi undangan, 70% adalah masyarakat umum. penampilan paskibraka, atraksi flypast pesawat tempur tni, sampai paduan suara gita bahana nusantara lancar dan menghibur. bagaimana di tempat anda?

alhamdulillah, tiba di jepang, pagi ini, untuk hadir bersama para pemimpin negara-negara ekonomi terbesar dunia di ktt g20 di osaka, 28-29 juni 2019, di ktt g20 ini saya akan berbicara tentang dua hal: inovasi di bidang ekonomi digital dan upaya mengatasi kesenjangan.

membagi buku untuk anak selepas jumatan bersama masyarakat di masjid jami annur, johar baru, jakarta pusat, siang tadi. orang dewasa pun sepertinya ikut menerima buku, tentu untuk anak-anaknya

menerima delegasi raksasa otomotif korea selatan, hyundai motors group, siang ini. terkait rencana berinvestasi di indonesia, hyundai tengah menjajaki beberapa kawasan lokasi pabrik. kami juga membahas tentang masa depan teknologi di dunia otomotif.

saya mengajak pak prabowo naik kereta mrt dari stasiun lebak bulus sampai senayan, pagi tadi. ini pertemuan dua orang sahabat yang sudah lama direncanakan. kesempatan bertemu ini juga untuk mengenalkan mrt kita. saya tahu pak prabowo belum pernah mencoba mrt hehe.

 

4 of 10

Ucapan Terima Kasih

Twitter juga menjadi media yang Jokowi gunakan untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas banyak hal. Misalnya, ketika Jokowi berkunjung ke daerah-daerah dan disambut oleh warga dan kepala daerah setempat. Berikut ini beberapa contohnya: 

mobil yang membawa saya dan ibu negara hanya bisa beringsut perlahan membelah keramaian warga kabupaten samosir yang menyambut kami mengunjungi pasar onan baru panguruan. luar biasa. terima kasih atas sambutan ini.

bersampirkan kain ulos, cenderamata kehormatan dari masyarakat adat tarutung, saat berkunjung ke tapanuli utara, pagi ini. terima kasih.

bersilaturahmi ke keluarga keraton ngayogyakarta hadiningrat pada hari ketiga lebaran di yogyakarta, hari ini. terima kasih atas sambutan hangat sri sultan hamengkubuwono x dan keluarga besar keraton.

 

5 of 10

Asian Games

Selain itu, Jokowi juga aktif menggunakan Twitter ketika momen-momen khusus, seperti Asian Games, terlebih saat itu Indonesia merupakan tuan rumah. Berikut beberapa twit terkait Asian Games:

yang paling mengesankan dari kesuksesan asian games 2018 ini menurut thomas bach, presiden komite olimpiade internasional adalah orang-orang indonesia itu sendiri, kombinasi hebat antara keramahan dan efisiensi. dengan itu, kita yakin bisa menjadi tuan rumah olimpiade 2032.  

asian games 2018 di indonesia ini mempersatukan bukan hanya korea selatan dan korea utara, tapi juga bangsa palestina. sebanyak 80 atlet kontingen palestina adalah gabungan dari orang-orang fatah dan hamas. dalam olahraga, mereka melupakan perbedaan.

di asian games 2018 ini, tim korea selatan dan korea utara jadi satu kontingen berbendera korea bersatu. mereka menurunkan 58 atlet gabungan pada cabang bola basket puteri, kano dan dayung. semoga semangat perdamaian dan persaudaraan ini terbawa sampai ke semenanjung korea.

 

6 of 10

Jalan Tol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol merupakan salah satu perhatian pemerintah selama satu periode terakhir ini. Melalui Twitter, Jokowi juga terlihat cukup sering menyampaikan perkembangan pembangunan proyek jalan tol di berbagai daerah. Berikut beberapa twit terkait:

pemerintah secara bertahap menyelesaikan pembangunan jalan tol di berbagai daerah yang telah dibangun sejak 2015. hingga bulan mei 2019, jalan tol baru yang telah dioperasikan adalah 949 km. tapi sampai akhir tahun ini, sembilan ruas tol baru 406,14 km akan beroperasi juga.

mau melihat indahnya pemandangan gunung-gunung arjuno, kawi dan bromo - semeru di jawa timur sambil melaju mulus di jalan bebas hambatan? melintaslah di jalan tol pandaan-malang yang sebagian, sepanjang 30 km dari pandaan sampai singosari, saya resmikan hari ini.

senang rasanya ke sukabumi lagi, daerah yang sedang menggeliat maju. dulu menuju ke sini kerap tersendat di jalan biasa. sekarang jalan tol bocimi sudah sampai cigombong. jalur ganda kereta api, lalu bandara sukabumi, juga dilanjutkan. masa depan sukabumi sungguh menjanjikan.

 

7 of 10

Selamat Hari Tertentu

Kemudian, data kami juga menunjukkan bahwa Jokowi memakai Twitter untuk menyampaikan ucapan selamat pada momen atau hari tertentu, baik itu skala nasional maupun internasional. Berikut beberapa ucapan selamat itu: 

buku adalah jendela dunia. melalui buku manusia melanglang buana ilmu pengetahuan. ayo, budayakan membaca buku. selamat hari buku nasional 2019

selamat hari buruh internasional, may day (1 mei 2018). bersatu kita bangun indonesia

jaga dan pelihara sumber air kita. hematlah menggunakan air. karena mengelola air dengan baik sekarang, akan menentukan kehidupan anak cucu kita di masa depan. selamat hari air sedunia, 22 maret 2018 -jkw

 

8 of 10

Medali Emas

Semasa Asian Games 2018, Jokowi tampak sering mengucapkan selamat kepada atlet peraih medali emas dan menyebut jumlah perolehan medali emas. Berikut beberapa twit terkait: 

aksi nofrizal menendang bola di udara dalam pertandingan final sepak takraw quadrant putra asian games 2018 di palembang, kemarin. indonesia merebut medali emas nomor quadrant putra mengalahkan jepang. ini medali emas pertama indonesia dari sepak takraw di asian games. selamat!

luar biasa perjuangan atlet-atlet indonesia di asian para games 2018. dua medali perak dari cabang angkat berat putri yang finalnya saya saksikan siang tadi, mencatatkan perolehan medali indonesia menjadi 13 medali emas, 20 perak, dan 23 perunggu.

dulu, hanya empat medali emas dan urutan 17, tapi asian games 2018 ini kita berhasil dengan 31 emas dan jadi nomor empat. semua berkat kerja keras atlet dan pelatih. maka, pagi ini saya menyerahkan bonus dari negara untuk para atlet peraih medali dan pelatih di istana negara.

 

9 of 10

Dana Desa

Selain pembangunan infrastruktur, dana desa menjadi salah fokus pemerintah di periode ini dan Jokowi sering menuliskan twit terkait dana desa. Berikut beberapa twit terkait:

jaringan transportasi massal mutakhir ini. desa pujon kidul di malang punya bentang alam yang indah dan sejuk. ketika dana desa turun tahun 2015, desa ini membentuk bumd untuk memaksimalkan potensi pariwisatanya. jadilah desa wisata pujon

tahun 2019 di surabaya, hari ini. empat tahun pelaksanaan dana desa, jawa timur mendapatkan rp19 triliun. realisasi dana desa di provinsi ini tahun lalu mencapai 99,6%. ini berkat kerja keras dan militansi para pendamping desa. terima kasih.

sebesar-besarnya kepada jajaran pemerintah, pemda, perbankan, dan para pengembang perumahan. empat tahun sudah dana desa dikucurkan ke lebih dari 74.000 desa di seluruh tanah air. pendapatan warga desa kini meningkat, pengangguran

 

10 of 10

PDI-P

Setelah korpus utuh twit Jokowi diperiksa secara saksama dengan kata kunci "PDI", "PDI-P", "PDI Perjuangan", dan "Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan", ternyata hanya ada dua twit yang relevan dengan pencarian tersebut dan keduanya dipublikasikan bertepatan dengan ulang tahun PDI-P: 

selamat hut pdi-p ke 44. gotong royong menyejahterakan rakyat -jkw (10 Januari 2017)

saya bangga dengan pdi perjuangan. teguh menegakkan ideologi kerakyatan. dirgahayu ke-43 -jkw (10 Januari 2016)

Akun @jokowi sebetulnya bukanlah akun Twitter khusus kepresidenan layaknya akun @POTUS (President of The United States of America). Namun, faktanya hanya ada dua twit Jokowi yang berkaitan dengan PDPI-P. Oleh sebab itu, tidak salah untuk menyebut bahwa Jokowi memisahkan urusan kenegaraan dan partai politik pengusungnya di media sosial.

(Why/Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓