Sukses

Jam Tangan Pintar Nantinya Bakal Bisa Proyeksikan Hologram

Peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Missouri (S&T Missouri) mendemonstrasikan konsep baru untuk merekonstruksi gambar holografik.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Missouri (S&T Missouri) mendemonstrasikan konsep baru untuk merekonstruksi gambar holografik dengan menggunakan satu bahan monolayer dua dimensi, dengan ketebalan kurang dari satu nanometer.

Penelitian ini dapat mengarah pada penciptaan jam tangan pintar yang bisa memproyeksikan hologram, kriptogram keamanan yang tercetak pada uang kertas serta kartu kredit, dan menciptakan potensi baru dalam penyimpanan data.

Prototipe perangkat mereka dibuat dengan merekonstruksi beberapa jenis gambar holografik dengan tungsten disulfide monolayer dengan ketebalan sekitar 0,7 nanometer.

Nanometer sendiri berukuran sepersejuta meter sedangkan tungsten disulfida monolayer hanya berisi satu lapisan atom tungsten yang diapit di antara dua lapisan atom belerang (Sulfur). Demikian seperti dikutip dari website resmi S&T Missouri, Selasa (27/8/2019).

Bereksperimen dengan eksitasi laser sangat cepat pada tungsten disulfide monolayer pola nano, para peneliti menunjukkan hologram optik nonlinier dengan efisiensi konversi tinggi dan ketebalan atom untuk menghasilkan balok vortex optik dan balok Airy (Airy Beam) serta merekonstruksi gambar holografik kompleks pada frekuensi harmonik kedua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diterbitkan Secara Online

Pendekatan ini dijelaskan dalam makalah Nano Letters "Atomically Thin Nonlinear Transition Metal Dichalcogenide Holograms" yang diterbitkan secara online, beru-baru ini.

Ini melibatkan penggunaan nano tulfida disulfide monolayer bermotif nano tunggal yang mampu mengendalikan muka gelombang dari cahaya, dimana pola hologram yang dirancang tertusuk oleh proses nanofabrikasi yang dikenal sebagai penggilingan berkas ion terfokus.

Dalam makalah mereka, para peneliti S&T Missouri menerbitkan gambar holografik yang direkonstruksi dari aksara mandarin untuk kata "cahaya" dengan warna biru dan hijau.

 

3 dari 3 halaman

Hologram Optik

Peneliti percaya jenis hologram optik baru ini menjanjikan untuk aplikasi masa depan, seperti tanda keamanan pada uang kertas dan kartu kredit, komunikasi optik, tampilan jam tangan pintar, dan penyimpanan data.

"Hologram kami memiliki efisiensi konversi nonlinier yang jauh lebih tinggi daripada hologram metasurface plasmonik yang ada saat ini yang terbuat dari struktur nano logam," ujar Dr. Xiaodong Yang, Profesor Teknik Mesin dan Kedirgantaraan Universitas Sains dan Teknologi Missouri.

(Keenan Pasha/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini