10 Tagar di Twitter yang Bikin Heboh Warganet pada 2019

Oleh Andina Librianty pada 24 Agu 2019, 12:00 WIB
Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Twitter merupakan salah satu media sosial yang kerap menjadi tempat bagi warganet membicarakan berbagai hal. Biasanya, mereka menggunakan tagar-tagar tertentu di dalam twitnya.

Melalui penggunaan tagar dengan simbol #, penguna Twitter dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan. Chris Messina dengan akun #chrismessina merupakan yang pertama kali memperkenalkan penggunaan tagar 12 tahun lalu di Twitter.

Setiap tahun akan ada beberapa tagar populer yang banyak digunakan oleh para pengguna Twitter.

Dalam rangka merayakan #HariTagar, Twitter merilis 10 tagar populer yang bikin heboh warganet Indonesia sejak Januari - Juli 2019. Berikut rinciannya:

1. #Pemilu2019

Masyarakat Indonesia pada 17 April 2019 memberikan hak pilih mereka dalam pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif. Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi mengenai pesta demokrasi tersebut.

2. #SetorFotoPolusi

Pada awal 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian yang menunjukkan tingkat polusi di Jakarta ternyata empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.

2 of 4

Tagar Populer (II)

Ilustrasi Twitter
Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

3. #AvengersEndGame

Pada Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh dunia dengan enggan menerima akhir suatu era. Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 cuitan sejak awal 2019.

Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut menggunakan tagar #AvengersEndGame.

4. #HiduplahImajinasiRaya

Tagar ini diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya). Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya kepada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia.

Selain itu, ia juga menunjukkan kebanggaannya terhadap budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan merek-merek lokal dalam karyanya.

5. #BiroJomblo

Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias "jomblo." Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu.

3 of 4

Tagar Populer (III)

Twitter
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

6. #RecehkanTwitter

Banyak twit dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari, yang semua dapat diubah menjadi lelucon menggunakan tagar #RecehkanTwitter.

7. #DariHalteKeHalte

Cukup baru di Twitter, akun Dari Halte Ke Halte (@drhaltekehalte) semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta. Hal ini terutama yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, stasiun MRT, LRT dan kereta api.

Tagar #DariHalteKeHalte mendukung perkembangan bisnis lokal, serta seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

8. #JokePuasaLawas

Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas.

Tagar ini berfungsi sebagai wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa. Lelucon yang dibagikan pun bervariasi, mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan "halusinasi" melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.

4 of 4

Tagar Populer (IV)

Ilustrasi Twitter
Ilustrasi Twitter. Kredit: Photo Mix via Pixabay

9. #WanPerfekSyot

Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, pengguna Twitter di Indonesia dapat mengorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto dan video tersebut.

Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam twit tersebut.

10. #HariPertamaSekolah

Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama kembali ke sekolah.

Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia, bahkan merek memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.

(Din/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓