Tanya Tekno: Apa Solusi untuk "Tegangan Daya terlalu Tinggi"?

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 24 Agu 2019, 09:00 WIB
Ilustrasi charger, pengisi daya. Kredit: Mahesh Patel via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Saya pemakai smartphone realme C2. Pertanyaan saya, mengapa setiap saya mengisi baterai, selalu tercantum keterangan "TEGANGAN MENGISI DAYA TERLALU TINGGI. GANTI PENGISI DAYA UNTUK MELAKUKAN PENGISIAN".

Lau bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih. Didik, Surabaya.

___

Halo, Didik. Terima kasih banyak atas pertanyaannya. Sebelum menjawab, kami asumsikan bahwa Anda menggunakan pengisi daya orisinal atau pihak ketiga yang spesifikasinya sesuai dan masih berfungsi normal. 

Menurut analisis kami, pemberitahuan seperti ini muncul karena kemungkinan ada masalah pada resistor pengatur suhu pada jalur pengisian baterai. Tipe resistor ini biasa disebut termistor.

Salah satu penyebab masalah ini antara lain kebiasaan menggunakan ponsel sambil melakukan pengisian daya baterai. Untuk solusi, perlu dilakukan penggantian termistor tersebut.

Demikian jawaban kami. Mudah-mudahan membantu. Saran kami, jika ponsel sudah normal, hentikan kebiasaan menggunakan ponsel sambil mengisi daya baterai. Terima kasih.

2 of 2

Kirim Pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, yang merupakan Technical Strategy Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓