Gandeng Gojek, UI Gelar Program Akselerator Startup

Oleh Iskandar pada 18 Agu 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2019, 10:00 WIB
Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU) UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort.(K) (kiri) berbincang bersama CEO Gojek Nadiem Makarim
Perbesar
CEO Gojek Nadiem Makarim di Program Akselerator UI Works. Dok: Universitas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) baru saja menandatangani kerja sama dengan Gojek untuk mendukung Program Akselerator UI Works dalam hal mentorship, memberikan masukan untuk perbaikan kualitas para peserta.

Dr. drg Nia A.I Noerhadi MDSC., Sp.Ort.(K). selaku Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI, mengatakan sebanyak 30 persen dari peserta program ini berasal dari luar UI.

"Dari 86 startup yang telah mendaftar dari seluruh Nusantara, terpilih 15 startup peserta angkatan pertama. Dari 15 peserta yang terpilih, 10 startup berasal dari UI dan 5 startup berasal dari luar UI yang diantaranya datang dari Bandung dan Surabaya," kata Nia dalam pernyataannya, Minggu (18/8/2019).

Ia menambahkan, salah satu startup yang menarik pada angkatan pertama ini adalah Koptul (Kopi Tuli) yang tiga orang pendirinya merupakan teman tuli.

Dalam Program Akselerator UI Works, para peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih tiga bulan untuk mengembangkan usaha masing-masing dengan fokus komersialisasi.

 

2 dari 2 halaman

Daftar Peserta

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU) UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort.(K) bersama CEO Gojek Nadiem Makarim.
Perbesar
Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha (DPPU) UI Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort.(K) bersama CEO Gojek Nadiem Makarim. Dok: Universitas Indonesia

Peserta Program Akselerator UI Works angkatan pertama terdiri dari tiga kategori. Pertama, kategori engineering/science: Nano Turbo, Sinergi Nanotect, dan ATM Sehat.

Kedua, kategori digital platform: Awan.io, Kodi, Pintaar, Skydu, Westbike Messenger, Assist.id, Rumah Kapas, dan Infishta. Ketiga, kategori consumer product: Tumbu, Kopi Tuli, Belimbing Island, dan Giajeng.

Selain kerja sama dengan Gojek, UI juga menggandeng para mitra strategis lain, seperti Bekraft, Mandiri Capital Indonesia, Assegaf Hamzah & Partner, Kejora Venture, Plug and Play, dan Code Margonda yang telah berpengalaman membina usaha rintisan.

Kegiatan ini akan ditutup dengan acara puncak Demo Day yang rencananya dilaksanakan pada 30 Oktober 2019 di Financial Club Jakarta.

Pada acara tersebut peserta Program Akselerator UI Works akan diberikan kesempatan untuk melakukan Pitching atau memperkenalkan ide bisnis startup dalam waktu singkat di depan para calon investor yang datang dari berbagai industri.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓