Sukses

Ketua ASIOTI: Orang Indonesia Pakai IoT Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital seperti sekarang ini kehidupan masyarakat dimudahkan dengan bantuan teknologi, termasuk Internet of Things atau yang biAsa disebut IoT.

IoT sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat Indonesia.

"Hype cycle IoT di dunia sudah melebihi puncak bahkan mulai turun. Sementara di Indonesia, sebenarnya kita baru merambat naik, regulasi baru muncul, kita baru membuat komunitasnya, dan membuat ekosistemnya. Jadi, pokoknya tiada hari tanpa IoT," ucap Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia di konferseni IDLoRaCon 2019, Rabu (14/8/2019).

Ia menuturkan, tanpa sadar setiap harinya masyarakat Indonesia menggunakan IoT, salah satunya adalah layanan ojek online.

Layanan ojek online yang mengalami digitalisasi menawarkan kemudahan kepada pengguna dalam mengakses fasilitas publik tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IoT Bukan Barang Mahal

Menurutnya, IoT bukanlah suatu barang yang mahal, tetapi murah apabila anak muda dapat mengambil andil membuat IoT.

"Membuat perangkat atau platform berbasis IoT hanya dibutuhkan kemampuan dan kemauan," ucap Teguh menambahkan.

Ia berharap, anak muda mendapatkan pendidikan perihal IoT yang difasilitasi oleh pemerintah sehingga proyeksi 400 juta koneksi IoT terealisasikan dalam waktu lima tahun.

(Keenan Pasha/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini