Samsung Akhirnya Umumkan Kehadiran Lensa Kamera 108MP

Oleh Agustinus Mario Damar pada 14 Agu 2019, 09:30 WIB
Samsung MWC

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran sensor kamera smartphone terbesar yang ada saat ini. Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, lensa ini memiliki resolusi 108MP.

Dikutip dari Engadget, Rabu (14/8/2019), sensor kamera bernama ISOCELL Bright HMX ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dan Xiaomi. Sensor ini juga memiliki ukuran 1/1.33 inci, lebih kecil dari Sony RX100 VII.

Samsung menuturkan sensor ini menghasilkan lebih banyak pixel, sekitar 100 juta, untuk menghasilkan hasil foto yang detail. Selain itu, dengan teknologi Tetracell, sensor ini memiliki kemampuan setara sensor 27MP.

Tidak hanya itu, sensor ini juga memiliki mekanisme smart ISO yang mampu menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan lingkungan untuk konversi sinyal cahaya ke listrik lebih optimal.

Beralih ke kemampuan video, HMX sudah mendukung kemampuan perekaman hingga 6K (6016 x 3384) dengan kecepatan 30fps. Rencananya, produksi massal sensor ini akan dilakukan pada akhir Agustus 2019.

Saat ini, memang belum ada informasi mengenai smartphone yang akan memakai sensor anyar Samsung tersebut. Namun dari sejumlah rumor, Mi Mix 4 akan menjadi smartphone perdana yang memakai sensor ini.

2 of 3

Sensor 64MP Milik Samsung

Samsung MWC
Suasana booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perlu diketahui, Samsung sebelumnya juga sudah memperkenalkan sensor kamera ISOCELL Bright GW1 64MP yang menawarkan resolusi paling tinggi di smartphone.

Sensor ini hadir dengan teknologi penggabungan piksel Tetracell dan algoritma remosaic yang menawarkan gambar 16MP dalam lingkungan cahaya rendah, di mana empat piksel digabungkan menjadi satu untuk meningkatkan sensitivitas cahaya.

Teknologi ini juga mendukung HDR real-time hingga 100 desibel (dB) yang memberikan rona lebih kaya.

Sensor ini dilengkapi dengan Dual Conversion Gain yang mengubah cahaya diterima menjadi sinyal listrik.

3 of 3

Redmi Bakal Rilis Smartphone dengan Kamera 64MP

Samsung MWC
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, Xiaomi mengklaim Redmi akan menjadi merek smartphone pertama yang menghadirkan kamera 64GB. Hal ini diumumkan oleh submerek Xiaomi itu melalui akun @RedmiIndia di Twitter.

"Redmi akan menjadi merek pertama di dunia yang merilis kamera 64MP yang menakjubkan, kuat, dan terdepan di kelasnya," kicau @RedmiIndia, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (9/8/2019).

Kamera tersebut memiliki sensor 1/1.7 inci, ISOCELL Plus, smart ISO, dan Hybrid 3D HDR. Smartphone ini diperkirakan hadir pada kuartal IV 2019. "Ini adalah #FutureOfCamera," tulis Redmi.

Selain Redmi, smartphone Xiaomi lain dilaporkan akan memiliki resolusi kamera lebih tinggi dari 64MP. Akun @Iceuniverse mengungkapkan, Mi Mix 4 akan mengadopsi CMOS ISOCELL 108MP milik Samsung.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran kedua smartphone dengan kamera super tersebut.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓