Sukses

Lega, Asteroid Sebesar Menara Eiffel Baru Saja Lewati Bumi

Sebuah asteroid berukuran sebesar Menara Eiffel baru saja melewati Bumi pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Asteroid ini melaju dengan kecepatan 10.400 mil per jam.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah asteroid berukuran sebesar Menara Eiffel baru saja melewati Bumi pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Asteroid ini melaju dengan kecepatan 10.400 mil per jam.

Mengutip NBC News, Senin (12/8/2019), jarak antara Asteroid dengan Bumi cukup dekat, yakni 4,6 juta mil.

Batu raksasa yang bergerak cepat ini dijuluki QQ23 2006. Jika asteroid ini melintasi lintasan yang berbeda, bisa saja ia menabrak Bumi dengan kekuatan ledakan hingga 500 kali dari bom atom Hiroshima di Jepang, 74 tahun silam.

Melintasnya asteroid 2006 QQ23 ini menjadi pengingat, ada banyak asteroid lain yang mungkin akan melintasi Bumi, bahkan bisa saja bertabrakan.

"Kita bisa saja terkena, namun tidak yakin kapan hal itu terjadi," kata Presiden B612 Foundation Danica Remu, organisasi di California yang bekerja melindungi planet dari asteroid.

Para ahli di bidang astronomi kini dikabarkan tengah membuat teknologi yang mampu membelokkan asteroid besar yang mengarah ke Bumi untuk keluar dari jalur. Namun, hal ini perlu waktu karena ilmuwan perlu tahu kapan asteroid itu melaju, guna mengambil tindakan efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertahun-tahun Pindai Langit

Para astronom telah memindai langit selama bertahun-tahun dan sejauh ini, mereka belum menemukan asteroid "pembunuh planet" yang perlu dikhawatirkan.

Mereka menganggap belum akan ada asteroid yang merusak Bumi seperti pada 65 juta tahun lalu, saat sebuah asteroid menabrak Bumi dan membuat dinosaurus punah.

NASA memperkirakan, setidaknya 95 persen asteroid berukuran 1Km telah didata. Dan dari jumlah itu belum ada yang jadi ancaman bagi Bumi.

Sekadar informasi, jika asteroid 2006 QQ23 menabrak Bumi, bisa meratakan seluruh kota, menewaskan jutaan orang, dan menyebabkan kehancuran yang luas.

"Kehancuran yang kita lihat lebih banyak pada tingkat regional, tetapi dampaknya akan bersifat global seperti pada transportasi, jaringan, iklim, dan cuaca," kata Remy.

3 dari 3 halaman

Buat Simulasi

Sebelumnya pada Mei lalu, NASA, Federal Emergency Management Agency dan sejumlah agensi lainnya membuat simulasi jika asteroid menghantam New York.

Simulasi ini menunjukkan dampak dari asteroid sebesar 200 kaki yang bisa menewaskan 1,3 juta orang dan menghancurkan sebagian besar pulau Manhattan.

Cara untuk menghindari skenario tersebut adalah melampaui si "pembunuh planet" dan menemukan semua asteroid yang bisa menghantam Bumi. "Kita perlu menginventarisasi semua asteroid," tutur Remy.

Manajer Program Observasi Objek Dekat Bumi NASA Kelly Fast pun setuju dengan hal ini.

"Intinya adalah, menemukan semua asteroid yang mengarah ke Bumi, membuat katalog orbitnya, dan menghitungnya," tutur Fast.

Ia mengatakan, "dengan begitu, Anda tahu jika asteroid itu akan melewati Bumi dengan jarak seperti 19 bulan, seperti 2006 QQ23, atau akan menimbulkan dampak mengancam."

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.