Saingi Nintendo, Microsoft Daftarkan Paten Kontroler Gim untuk Konsol Baru Xbox?

Oleh Yuslianson pada 11 Agu 2019, 16:00 WIB
Xbox

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan Nintendo dalam peluncuran konsol gim hybrid-nya, Switch, ternyata membuat banyak perusahaan pesaing tergiur untuk memperkenalkan perangkat dengan konsep serupa.

Salah satu perusahaan teknologi yang tertarik dengan hal tersebut adalah Microsoft.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun di industri gim, bukan sesuatu yang tidak mungkin perusahaan rintisan Bill Gates ini ingin menyaingi kesuksesan Nintendo Switch.

Dikutip dari laman Free Patents Online via The Sun, Minggu (11/8/2019), Microsoft mendaftarkan paten desain perangkat handheld yang mirip dengan Joy-Con Switch milik Nintendo.

Paten kontroler untuk perangkat mobile buatan Microsoft. (Doc: Microsoft)

Seperti yang kamu lihat dari gambar di atas, tampak dua kontroler "modul input" tersebut dapat dipasangkan ke sebuah perangkat layar sentuh--seperti smartphone atau tablet.

Seperti Joy-Con di konsol Switch, dengan kontroler ini pengguna dapat bermain gim di perangkat--smartphone atau tablet--tanpa harus menyentuh layar dengan jari.

Dari gambar juga, kamu bakal menemukan tombol ABXY dan D-pad serupa dengan joystick konsol Xbox biasanya.

Paten kontroler milik Microsoft bocor di internet, bakal saingin Switch dan Stadia?. (Doc: Yanko Design / Sarang Sheth)

Tampak juga disertakan sebuah jack audio dan speaker stereo di perangkat milik Microsoft ini.

 

2 of 3

Tampak Foto Render

Xbox (thegamescabin.com)

Lebih lanjut, kabar kehadiran paten milik Microsoft inipun langsung menjadi topik pembicaraan di internet.

Salah satu yang tertarik dengan melihat bentuk langsung perangkat tersebut adalah Sarang Sheth, desainer grafis dari Yanko Design.

Ia pun langsung membuat gambar mock up dari informasi paten tersebut, dan menampilkan bakal seperti apa bentuk perangkat itu saat meluncur di pasaran nanti.

Menurutnya, desain kontroler baru ini terkait erat dengan rencana Microsoft untuk Project xCloud.

Adapun Project xCloud sendiri adalah layanan streaming berbasis cloud yang memungkinkan gamer untuk bermain saat bepergian, dan diberbagai perangkat--seperti Google Stadia.

3 of 3

Sasar Gamer Mobile?

Microsoft siap luncurkan kontroler untuk perangkat gim mobile. (Doc: IGN)

Sebelumnya, Windows Central menemukan Microsoft tengah mengembangkan purwarupa sebuah kontroler untuk perangkat mobile. Keberadaan purwarupa ini terungkap dari jurnal penelitian Microsoft.

Dikutip dari Tech Radar, Rabu (31/10/2018), kontroler ini berfungsi untuk menggantikan tombol virtual yang ada di layar sentuh smartphone atau tablet. Jadi, pengguna perangkat mobile dapat merasakan pengalaman bermain gim lebih baik.

Deskrips Microsoft dalam studi menyebut kontroler ini mengombinasikan desain yang ringkas dan mudah dibawa, tapi tetap menawarkan kenyamanan kontroler klasik. Microsoft menuturkan purwarupa kontroler ini dibuat dari busa yang lantas dicetak secara 3D.

Kehadiran kontroler ini, diakui Microsoft, terinspirasi oleh kesuksesan perangkat gim mobile, seperti Nintendo Switch dan PlayStation Portable (PSP). Secara khusus, Microsoft menyebut Switch merupakan bukti keberhasilan gim mobile dengan tombol fisik.

Terlebih, aksesoris kontroler gim mobile yang ada saat ini masih dianggap terlalu besar dan tidak fleksibel. Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah Microsoft akan benar-benar merilis aksesoris ini ke publik.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓