Duh, Google Sempat Tak Bisa Tampilkan Hasil Pencarian Teraktual

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 10 Agu 2019, 16:00 WIB
Ilustrasi Google Search

Liputan6.com, Jakarta - Google mengalami masalah indexing belum lama ini. Akibatnya, sejumlah konten terbaru di internet tidak muncul di hasil pencarian Google.

Misalnya, pada top stories di Google News, sejumlah berita hasil pencarian merupakan berita beberapa jam lalu, bahkan ada yang merupakan berita-berita dari hari sebelumnya.

Pihak Google pun mengonfirmasi, mereka telah mengetahui masalah indexing ini. Menurut Google, "masalah ada di alat inspeksi URL di Search Console."

Google mengatakan, masalah ini telah diperbaiki pada Kamis malam, sementara masalah indexing masih dalam penanganan. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Sabtu (10/8/2019).

2 of 3

Lakukan Indexing dan Crawling

Perubahan di Google Search Berpotensi Rugikan UKM
Metode pencarian anyar di Google Search versi mobile akan mengubah susunan situs yang muncul di laman pencarian.

Google sendiri terus menerus melakukan crawling atau mengindeks web. Tujuannya adalah untuk menemukan konten baru yang ditampilkan pada pengguna ketika mereka mencari tentang sebuah topik.

Saat Google mengalami masalah indexing seperti saat ini, hasil pencarian tidak menampilkan sesuatu teraktual seperti yang diinginkan pengguna.

Masalah indexing ini memang beberapa kali pernah menghampiri Google. Misalnya pada bulan April, masalah indexing terjadi selama sekitar satu pekan. Sementara di bulan Mei, masalah indexing berlangsung lebih dari tiga hari.

(Tin/Why)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓