Sukses

Duh, Google Sempat Tak Bisa Tampilkan Hasil Pencarian Teraktual

Gara-gara masalah indexing, bagian top stories di Google News berasal dari berita beberapa jam lalu, bahkan ada yang dari berita-berita hari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Google mengalami masalah indexing belum lama ini. Akibatnya, sejumlah konten terbaru di internet tidak muncul di hasil pencarian Google.

Misalnya, pada top stories di Google News, sejumlah berita hasil pencarian merupakan berita beberapa jam lalu, bahkan ada yang merupakan berita-berita dari hari sebelumnya.

Pihak Google pun mengonfirmasi, mereka telah mengetahui masalah indexing ini. Menurut Google, "masalah ada di alat inspeksi URL di Search Console."

Google mengatakan, masalah ini telah diperbaiki pada Kamis malam, sementara masalah indexing masih dalam penanganan. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Sabtu (10/8/2019).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Indexing dan Crawling

Google sendiri terus menerus melakukan crawling atau mengindeks web. Tujuannya adalah untuk menemukan konten baru yang ditampilkan pada pengguna ketika mereka mencari tentang sebuah topik.

Saat Google mengalami masalah indexing seperti saat ini, hasil pencarian tidak menampilkan sesuatu teraktual seperti yang diinginkan pengguna.

Masalah indexing ini memang beberapa kali pernah menghampiri Google. Misalnya pada bulan April, masalah indexing terjadi selama sekitar satu pekan. Sementara di bulan Mei, masalah indexing berlangsung lebih dari tiga hari.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.