Gim Asal Jepang Pokemon Trading Card Resmi Hadir di Indonesia

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 08 Agu 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 08 Agu 2019, 21:18 WIB
Pokemon

Liputan6.com, Jakarta - The Pokemon Company dari Jepang dan Salim Group melalui PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG) resmi memboyong gim Pokemon trading card ke Indonesia. AKG menjadi pemegang lisensi utama untuk membawa Pokemon trading card gim ke Indonesia.

Pokemon trading card ini merupakan gim trading kartu paling populer di dunia. Apalagi, saat masuk ke Indonesia, gim ini hadir dengan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimainkan oleh pecinta gim kartu di Tanah Air.

Meskipun sudah banyak gim digital yang bisa dimainkan di smartphone, permainan tukar kartu masih digandrungi di Indonesia.

Anggota Dewan Direksi The Pokemon Company Kenjiro Ito mengatakan, gim ini sudah hadir sejak 1996 dan tetap disukai hingga ini.

"Gim Pokemon trading card telah dijual sejak 1996 di Jepang, di usianya yang ke-23, gim ini sudah ada di Amerika Serikat dan benua Eropa. Kini kami ingin menjangkau ke pasar Indonesia," tutur Ito saat peluncuran gim Pokemon trading card di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ito mengatakan, selama 23 tahun hadir, gim ini sudah diproduksi dalam 12 bahasa dan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang ke-13.

Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim mengatakan, kehadiran gim ini tak hanya untuk orang dewasa tetapi juga anak-anak. Sebab, gim ini bisa menjangkau usia yang lebih luas yakni 6 hingga 35 tahun.

"Permainan ini melatih para pemain untuk berpikir strategis karena permainan ini memerlukan taktik dan keahlian untuk dapat memainkan kartu secara offline," tutur Axton dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, kata Axton, permainan ini mengajarkan para pemain sportif karena sebelum bermain, para pemainnya harus bersalaman.

Dia menambahkan, meskipun permainan tukar kartu Pokemon ini hadir dalam bahasa Indonesia, kartu-kartunya dapat berlaku secara internasional.

 

2 of 2

Tentang Gim Pokemon Trading Card

Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim memegang kartu Pokemon (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar informasi, permainan Pokemon pertama kali diciptakan di bulan Februari 1996, sebagai video untuk konsol Nintendo Game Boy. Selain itu, Pokemon Company selaku perusahaan yang menaungi gim-gim Pokemon juga membuat gim lain.

Pada Oktober 1996, permainan Pokemon trading card diresmikan sebagai permainan kartu tukar yang pertama dan paling tua di Jepang.

Setiap kartu memiliki efek masing-masing. Artinya para pemain dapat menikmati kegiatan mereka dalam menyusun kartu-kartu pilihan mereka yang kemudian digunakan dalam pertempuran strategis untuk melawan pihak lawan.

Bagian yang menyenangkan dalam kartu ini, ketika para pemain berhadapan langsung, seperti ketika mereka harus saling bertukar salam, di awal maupun akhir permainan.

Sekadar informasi, gim terkemuka ini mendapatkan antusiasme di banyak negara. Hingga Maret 2019, permainan kartu ini terjual lebih dari 27,2 miliar kartu di seluruh dunia.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓