Realme Masuk Jajaran Top 5 Brand Smartphone di Indonesia

Oleh Agustinus Mario Damar pada 09 Agu 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 11 Agu 2019, 01:13 WIB
Realme 3

Liputan6.com, Jakarta - Counterpoint, perusahaan analisis industri global kembali merilis laporan angka penjualan smartphone di Indonesia. Hasilnya, Realme ternyata masuk dalam daftar lima besar merek smartphone di Indonesia.

Capaian itu menjadi lebih luar biasa karena posisi tersebut berhasil diraih Realme dalam waktu kurang dari setahun di Indonesia. Menurut Counterpoint, keberhasilan ini tidak lepas dari penjualan yang terjadi selama Bulan Ramadan.

Dari catatan Counterpoint, penjualan smartphone di Indonesia tumbuh 6 persen year-on-year selama Q2 yang didorong promosi selama Bulan Ramadan, baik di saluran online dan offline.

Sementara Realme mampu meraih pangsa pasar 8 persen dari penjualan smartphone di Indonesia, sehingga masuk dalam lima besar di pasar Tanah Air.

"Ini adalah hasil yang sangat menggembirakan bagi kami, karena kerja kami dalam waktu kurang dari setahun di Indonesia membuahkan hasil manis. Tidak mudah mencapai Top 5 brand smartphone di Indonesia," tutur Marketing Director Realme SEA, Josef Wang, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (8/8/2019).

Analis Counterpoint Research, Parv Sharma, menuturkan merek Tiongkok merupakan alasan bertumbuhnya pasar smartphone di Indonesia. Kondisi itu dapat dilihat dari empat dari lima merek smartphone teratas berasal dari Tiongkok.

"Pangsa pasar gabungan mereka lebih dari 55 persen. Realme, merek smartphone yang diluncurkan di Indonesia pada Q4 2018, menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dengan strategi harga yang agresif," tuturnya.

Lebih lanjut Parv menuturkan, dalam tiga kuartal, Realme telah berhasil meraih pangsa pasar 8 persen.

Portofolio Realme yang lebih ramping dengan penjualan online yang agresif didukung proposisi value for money telah membantu merek ni mendapat pangsa pasar dalam waktu dekat.

Untuk mengetahui daftar lengkap lima smartphone top di Indonesia, berikut ini Tekno Liputan6.com sertakan urutan lengkapnya:

 Merek Smartphone di Indonesia  Q2 2018  Q2 2019
 1. Samsung  28% 

 27%

2. Xiaomi 

 19%  21%

3. Oppo 

 17%  17%

4. Vivo 

 6%  9%

5. Realme 

  -   8%

Merek Lain 

35%   18%

Total 

 100%   100%
2 of 3

Realme X Rilis di Indonesia

Realme X. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
Realme X. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Sebelumnya, Realme resmi memperkenalkan seri smartphone terbaru untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu secara resmi merilis Realme X.

Realme X sendiri merupakan varian paling tinggi yang dimiliki vendor tersebut saat ini. Menurut Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, smartphone ini sudah didukung dengan kemampuan mumpuni dan desain apik.

"Realme X hadir di Indonesia dengan mengedepankan desain, fotografi, dan performa," tuturnya dalam peluncuran Realme X di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Salah satu desain baru yang diperkenalkan di Realme X adalah kamera depan pop-up. Felix mengatakan kamera depan pop-up smartphone ini menjadi salah satu yang terbaik di rentang harganya sebab memiliki kecepatan 0,74 detik.

"Daya tahan kamera pop-up ini juga dapat bertahan hingga 10 tahun dengan 50 kali selfie per hari," tutur Felix menjelaskan. Beralih ke performa, Realme X dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 710.

3 of 3

Harga Realme X di Indonesia

Realme X
Realme X. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Realme X hadir dengan dua model pilihan RAM dan memori internal, yakni RAM 4GB dengan memori internal 128GB dan RAM 8GB dengan memori internal 128GB.

Untuk pasar Indonesia, Realme X dibanderol dengan harga Rp 3.799.000 (RAM 4GB+ROM 128GB). Sementara untuk varian RAM 8GB dengan ROM 128GB dijual Rp 4.199.000. Sama seperti varian RAM 4GB + ROM 128GB,.

Selain menghadirkan varian reguler, Realme turut memboyong Realme X edisi khusus Spider-Man yang terdiri dari gift box edisi superhero tersebut. Memiliki RAM 8GB+ROM 128GB, edisi khusus ini dibanderol dengan harga Rp 4.199.000.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓