Sukses

Ini Dia 8 Fitur Unggulan S Pen Galaxy Note 10 Series

Ketimbang S Pen di perangkat pendahulunya, S Pen yang tersemat di Galaxy Note 10 memiliki sejumlah inovasi baru.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus di New York. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Galaxy Note 10 series selalu dibekali dengan pena digital S Pen.

Ketimbang S Pen di perangkat pendahulunya, stylus baru yang tersemat di Galaxy Note 10 memiliki sejumlah inovasi baru. Samsung pun tidak ragu menyebut S Pen yang ada pada Galaxy Note 10 series sebagai S Pen terbaik yang pernah dirilisnya.

President and CEO of IT & Mobile Communications Division Samsung Electronics, DJ Koh, menyebut Galaxy Note 10 memenuhi janji kepada fans Note yang menggunakan smartphone untuk produktivitas dan kreativitas meningkat ke level selanjutnya.

"Tiap fitur Galaxy Note 10 rancang untuk membantu pengguna meraih lebih lagi, baik ketika menyelesaikan proyek besar, merekam dan mengedit video, atau bermain gim mobile favorit. Galaxy Note 10 akan membantu mereka melakukannya dengan lebih cepat dan baik," kata DJ Koh saat merilis Galaxy Note 10.

Tentu janji DJ Koh di atas tak terlepas dari kehadiran S Pen yang menunjang tiap kegiatan di smartphone. Apa saja keunggulan S Pen di Galaxy Note 10?

1. Screen off Memo

Dengan fitur Screen Off Memo, pengguna bisa menulis notes (catatan) di layar, mengedit, dan mem-pin note ke Always on Display di layar dengan S Pen mereka.

Lebih lagi pada Galaxy Note 10, kini Screen off memo menghadirkan opsi lebih untuk meng-capture ide spontan yang tercetus dengan warna tinta yang berbeda serta mengatur ketebalan tulisan yang ditampilkan di layar.

2. Screen Recorder

S Pen kini menghadirkan kemampuan untuk perekaman layar, sehingga membuat pengguna lebih mudah dalam merekam layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjemah dan Air Command

3. Terjemah dan Konversi

S Pen juga bisa dipakai untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Uniknya, kemampuan terjemah S Pen kini tidak hanya kata per kata tetapi sebuah kalimat panjang.

Total, ada 71 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh S Pen. Tidak hanya terjemah, S Pen juga bisa dipakai untuk mengkonversi satu mata uang ke mata uang lainnya.

4. Air Command

S Pen juga memiliki kemampuan Air Command, misalnya dipakai untuk mengakses menu di perangkat, hanya dengan melayangkan S Pen di udara lalu mengeklik tombol di S Pen.

3 dari 4 halaman

Air Action hingga AR Doodle

5. Air Action

Sejak Galaxy Note 9, S Pen dibekali dengan kemampuan Bluetooth Low Energy. Kini kemampuan tersebut ditambah dengan Air Action yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai aspek dari perangkat menggunakan gesture S Pen.

Dengan membuka Air Action SDK, pengembang bisa menciptakan kustomisasi kontrol yang memberikan pengguna kemampuan bermain gim atau membuka aplikasi favorit menggunakan gesture.

6. AR Doodle

Menggunakan AR Doodle dengan bantuan S Pen bisa menambah berbagai hal ke video.

AR Doodle sendiri mengintegrasikan kemampuan augmented reality (AR) dan 3D termutakhir dalam kamera. Dengan fitur ini, kreator dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan karya yang kian apik.

4 dari 4 halaman

Live Message dan Samsung Notes

7. Live Message

S Pen bisa dipakai untuk mengedit, menulis, atau menggambar dengan bebas di video kemudian, pengguna bisa mengirimkannya ke teman melalui fitur Live Message.

8. Samsung Notes

Pengguna bisa memiliki kontrol lebih pada Samsung Notes dengan S Pen. Dalam hal ini, pengguna bisa melakukan pinch zoom hingga 300 kali hingga mengubah tulisan tangan pengguna menjadi teks digital di Samsung Notes.

Pengguna juga bisa menyimpannya dalam berbagai format berbeda, termasuk Microsoft Word. Notulen rapat yang ditulis tangan di Galaxy Note 10 pun bisa diubah ke teks Microsoft Word kemudian dibagikan ke peserta rapat lainnya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.