Review Oppo Reno 10x Zoom: Kamera Gahar Tak Cuma untuk Pecinta Selfie

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 09 Agu 2019, 17:00 WIB
Oppo Reno 10x Zoom

Liputan6.com, Jakarta - Oppo belum lama ini merilis perangkat premium terbarunya yakni Oppo Reno 10x Zoom.

Smartphone ini mengunggulkan kemampuan kameranya yang dibekali teknologi kecerdasan buatan untuk membuat hasil foto lebih baik, termasuk di dalamnya kemampuan zoom hingga 10x.

Dirilisnya smartphone ini sekaligus ingin membuktikan ke pengguna bahwa Oppo bukan sekadar smartphone untuk pecinta selfie. Pasalnya, perangkat ini memiliki kamera yang gahar dan inovatif.

Lantas, seperti apa pengalaman Tekno Liputan6.com bersama Oppo Reno 10x Zoom? Berikut ulasan singkatnya.

1. Desain

Oppo Reno 10x Zoom mengusung desain layar penuh dan nyaris tanpa bezel.

Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi kamera selfie pop up berjuluk pivot rising camera. Ketika pengguna membuka menu kamera depan, kamera otomatis akan muncul dari bodi atas smartphone.

Kamera selfie Oppo Reno 10x Zoom menggunakan desain pivot rising camera (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke display, Oppo Reno 10x zoom memiliki layar AMOLED seluas 6,6 inci dengan rasio 19,5:9. Agar lebih tahan terhadap goresan, Oppo membekali layar dengan perlindungan Gorilla Glass 6.

Soal bodi, Oppo Reno 10x zoom terbilang punya bodi yang solid dan tangguh. Bobotnya pun cukup berat ketimbang smartphone lain saat digenggam, yakni 210 gram.

Bodi Oppo Reno 10x zoom dibalut dengan glass, sementara rangkanya dibuat dengan frame aluminium yang membuatnya kian tangguh.

Bodi belakang Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada sisi samping kanan Oppo Reno 10x Zoom terdapat sebuah tombol kunci sekaligus Power untuk mulai menyalakan perangkat.

Bodi samping Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara pada sisi samping kiri perangkat terdapat tombol volume up dan down.

Sisi samping Oppo K3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Seperti disebutkan, pada sisi atas smartphone ada kamera pop up berdesain pivot rising camera. Saat kamera ke luar, desainnya berbeda dari kamera pop up milik smartphone lain, yakni menyerupai segitiga siku-siku. Kamera ditempatkan di segitiga tersebut dengan kemiringan sudut 11 derajat.

Oppo mengklaim, desain segitiga tersebut merupakan angle selfie terbaik. Dengan begitu, angle saat memotret selfie dengan kamera depan bisa lebih sempurna.

Kemudian, pada sisi bawahnya terdapat port USB tipe C untuk pengisian daya, transfer file, sekaligus sebagai konektor perangkat earphone, karena pada Oppo Reno 10x Zoom tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm. Masih pada sisi bawah, terdapat speaker.

Sementara itu, bodi belakang Oppo Reno tertanam tiga kamera utama yang letaknya vertikal. Selain itu, ada sebuah tonjolan kecil berbentuk lingkaran di bawah lensa kamera.

Lingkaran tersebut bernama O-dot yang fungsinya menjaga lensa kamera agar tidak baret saat diletakkan pada bidang datar.

Pada garis yang sama, terdapat logo Oppo dan tulisan "Designed by Oppo" yang membuat tampilan smartphone jadi terlihat mewah.

2 of 5

2. Kamera

Oppo Reno 10x Zoom
Bodi belakang Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Oppo selama ini terkenal dengan kamera selfie-nya, namun masuknya Reno 10x Zoom seolah ingin mengambil ceruk pasar konsumen yang senang dengan fotografi.

Pada bagian depan, kamera 16MP dengan bukaan F/2.0, sedangkan bagian belakangnya menggunakan 48MP+13MP telephoto + 8MP wide angle.

Hasil kamera Oppo Reno 10x Zoom untuk memfoto matahari pagi. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Smartphone Reno 10x Zoom ini hadir dengan teknologi kamera 10x Zoom yang menghadirkan beberapa jenis zoom. Misalnya zoom 1 kali, 2 kali, 6 kali, dan 10 kali.

Dengan seluruh zoom-nya, hasil foto memiliki kualitas yang cukup tajam. Hasil foto dengan zoom 6x pun masih tetap baik.

Namun perlu dicatat, saat menggunakan zoom 10x, pengguna harus memegang perangkat dengan stabil karena lensa mudah goyang saat menggunakan zoom.

Hasil kamera Oppo Reno 10x Zoom untuk memfoto matahari pagi, dengan zoom 10x. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto zoom 10x.

Hasil kamera Oppo Reno 10x Zoom dengan zoom 10x. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto zoom 6x.

Memotret beruang dengan mode 6x zoom Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain zoom, Oppo Reno 10x Zoom juga memiliki berbagai mode pemotretan, seperti Modus Malam hingga Portrait.

Saat menjepret objek di malam hari atau pun kondisi minim cahaya, Oppo Reno 10x Zoom mampu menangkap momen dengan baik. Namun, harus dimaklumi jika hasil jepretan kadang terdapat noise.

Hasil kamera Oppo Reno 10x Zoom untuk memotret model dengan mode Malam. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto menggunakan modus Malam.

Hasil kamera Oppo Reno 10x Zoom untuk memotret model dengan mode Malam. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk pemotretan dengan mode Portrait, hasil bokeh terlihat cukup rapi dan tidak bocor, terutama untuk memotret model.

Tak hanya kamera belakang, kamera depan pun mampu menangkap hasil selfie yang baik, terlebih dengan bantuan AI yang mengenali objek dan membuat berbagai penyesuaian.

Hasil foto selfie dengan Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Misalnya saja mengecilkan pipi, memperbesar bola mata, mencerahkan dan menghaluskan warna kulit. Hasil foto Portrait dengan kamera depan pun cukup halus dan rapi.

Hasil foto selfie dengan Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 of 5

3. Performa

Performa Oppo Reno 10x Zoom ditopang prosesor flagship Snapdragon 855 milik Qualcomm ditambah dengan RAM 6GB dan ruang penyimpanan 256GB.

Paduan ini membuat kinerja smartphone sangat lancar dan anti-lag meskipun perangkat dipakai untuk melaksanakan berbagai tugas sekaligus.

Saat dipakai untuk membuka banyak aplikasi pun, Reno 10x Zoom tetap cekatan menjalankan tugasnya.

Kami juga mencoba memainkan beberapa gim kelas berat seperti Free Fire dan PUBG Mobile. Hasilnya, perangkat langsung mengarahkan ke grafis tinggi. Permainan pun berjalan tanpa lag dan delay.

Uji performa Oppo Reno 10x Zoom menggunakan gim PUBG Mobile (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Uji performa Oppo Reno 10x Zoom menggunakan gim PUBG Mobile (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Berdasarkan pengujian benchmark dengan aplikasi AnTuTu Benchmark, Oppo Reno 10x Zoom mendapatkan skor 340 ribuan.

Hasil AnTuTu benchmark Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4 of 5

4. Baterai

Oppo Reno 10x Zoom
Kamera selfie Oppo Reno 10x Zoom menggunakan desain pivot rising camera (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Oppo Reno 10x Zoom dibekali baterai berkapasitas 4.065mAh dan dukungan pengisian daya cepat VOOC flash charging 3.0 yang bisa mengisi penuh daya perangkat dalam waktu satu jam lebih.

Perangkat Oppo Reno 10x Zoom juga terbilang hemat baterai dan cukup untuk memenuhi kebutuhan satu hari, untuk nonton video, main gim, membuka media sosial, dan berfoto-foto.

Namun saat kami memakai perangkat untuk membuka menu kamera selama satu harian penuh, dibutuhkan dua kali pengisian daya.

Ketika membuka aplikasi yang mengkonsumsi daya baterai, perangkat bakal mengingatkan penggunanya untuk menggunakan save power.

5 of 5

5. Kesimpulan

Oppo Reno 10x Zoom
Bodi belakang Oppo Reno 10x Zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Oppo Reno 10x Zoom yang dibanderol Rp 13 jutaan menghadirkan kemampuan kamera mumpuni, terutama bagi pengguna yang menyukai perangkat tangguh, kekinian, tetapi juga punya desain mewah.

Tidak hanya kemampuan kamera dengan berbagai fiturnya, Oppo Reno 10x Zoom juga dibekali prosesor flagship dan RAM 6GB yang membuat performa ngebut meski dipakai membuka banyak aplikasi.

Pecinta gaming juga dimanjakan dengan performa permainan di Oppo Reno 10x Zoom yang anti-lag, tampilan grafis yang halus, serta mode Game Boost dapat meningkatkan performa saat dipakai ngegim.

Dengan mode ini pula, berbagai notifikasi yang masuk akan disembunyikan selama pengguna membuka aplikasi gim. Dengan begitu, mereka tidak terganggu banyaknya notifikasi.

Bicara soal baterai pun perangkat ini bisa dipakai seharian penuh untuk penggunaan sehari-hari seperti untuk membuka media sosial, email, kamera, hingga aplikasi lainnya. Kalau pun dipakai mengakses kamera selama seharian, perangkat ini hanya butuh dua kali pengisian daya.

Fitur fast charging perangkat ini membuat waktu pengisian daya lebih cepat. Misalnya untuk mengisi dari 2 persen ke 38 persen hanya butuh waktu sekitar 5 menit.

Bicara kekurangan, Oppo Reno 10x Zoom hadir dengan bobot yang lumayan berat saat dioperasikan dengan satu tangan.

Minimnya kehadiran jack audio 3,5mm juga menjadi kekurangan tersendiri bagi mereka yang senang mendengarkan musik via earphone/headphone kabel.

(Tin/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓