Sukses

Google Assistant Kini Bisa Baca dan Balas Pesan di Aplikasi Pihak Ketiga

Kini pengguna perangkat Android bisa berinteraksi dengan berbagai aplikasi pesan pihak ketiga melalui perintah suara.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Google mendapatkan pembaruan untuk layanan pesan. Kini pengguna perangkat Android bisa berinteraksi dengan berbagai aplikasi pesan pihak ketiga melalui perintah suara di Google Assistant.

Dilansir GSM Arena, Senin (5/8/2019), dengan izin mengakses notifikasi, Google Assistant akan bisa membacakan pesan kepada pengguna. Pesan-pesan yang dibacakan tersebut berasal dari aplikasi pihak ketiga yang ada di perangkat pengguna.

Tak hanya bisa membacakan pesan, Google Assistant juga bisa membalasnya.

Sebelumnya, hal ini sudah bisa dilakukan pada aplikasi pesan. Namun, baru sekarang asisten virtual Google itu bisa membacakan pesan yang ada di WhatsApp dan Facebook Messenger.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus lebih dahulu memberikan perintah suara kepada Assistant dengan kalimat, "read my messages". Kemudian aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses Notifications.

Setelah mendapatkan izin, Google Assistant akan bisa membacakan pesan, dan meminta pengguna untuk membalasnya melalui suara. Selain WhatsApp dan Facebook Messenger, fitur ini juga bisa terhubung dengan Telegram, Slack, GroupMe, dan Discord.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Google Uji Coba Play Pass, Apa Itu?

Lebih lanjut, Google dilaporkan sedang menguji coba layanan baru, Play Pass, untuk mendongkrak pendapatan dari Play Store. Ini merupakan layanan berlangganan bulanan, seperti pada Netflix dan Spotify.

Pelanggan Play Pass nantinya akan mendapatkan akses ke sejumlah aplikasi dan gim premium Android. Dikutip dari Android Police, pengguna yang ingin berlangganan per bulan akan dikenakan biaya USD 4,99.

Pelanggan akan mendapatkan akses ke berbagai aplikasi tanpa gangguan iklan, biaya tambahan, atau in-app purchase (IAP).

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.